Depan - Berita Pilihan - Jumat Berkah, Bertekad Ubah Ekonomi Lemah Jadi Usahawan
Penyaluran zakat pada fakir miskin
Penyaluran zakat pada fakir miskin

Jumat Berkah, Bertekad Ubah Ekonomi Lemah Jadi Usahawan

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com. Padang – Kepedulian pada anak yatim dan keluarga kurang mampu secara ekonomi, akan menperkecil kesenjangan sosial dalam masyarakat. Malahan, langkah juga akan meningkatkan rasa kebersamaan antar sesama.

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Quwait, Kelurahan Banuaran Nan XX saat penyaluran bantuan pada keluarga kurang mampu di Masjid Al Quwait pada Jumat (30/5/2021)

Pada kesempatan itu dia memberikan apresiasi atau penghargaan pada Koordinator Jumat Berbagi, Herwaty Taher. “Walau seorang mualaf yang mestinya menerima zakat. Herwaty Taher justru berupaya membantu muslim lain dan anak yatim. Dia tidak kenal lelah mencari sumber dana, agar Jumat Berbagai berlanjut secara rutin,” ujar Saribulih, yang juga Ketua RT 04 RW 11, Kelurahan Banuaran Nan XX ini.

Dia juga mengucapkan terimakasih pada para donatur yang telah mempercayakan penyaluran zakat, infak dan sedekah pada lembaga Jumat Berbagi Masjid Al Quwait. “Terutama kasih pada para donatur, khususnya pada Alumni SMA 1 Padang, tamatan 1987, yang telah memberikan kepercayaan untuk menyalurkan sebagian rezekinya melalui kami,” ujar praktisi pendidikan ini.

Pada kesempatan itu, Saribulih juga menegaskan ke depan, bantuan juga dalam bentuk natura atau kebutuhan pokok. Namun, produknya yang mampu menciptakan perputaran uang pada masyarakat sekitar. Dia mengungkapkan, bantuan itu bisa dalam bentuk beras ataupun telur yang bisa dihasilkan oleh masyarakat.

“Jika ada ibu-ibu dan bapak-bapak yang bisa menyediakan beras, maka akan kita beli. Begitu juga telur atau produk lokal lain. Dengan catatan, harga dan kualitas harus sama dengan pasar. Kapan perlu kita bayar dimuka,” ujarnya.

Menurutnya, dengan cara tersebut, tingkat perputaran uang akan semakin tinggi dan uang tidak lari ke luar daerah. Selain itu, juga melatih mereka yang menerima bantuan ini, bisa meningkat perekonomiannya.

Sementara, Koordinator Jumat Berbagi, Herwaty Taher menyampaikan, kegiatan ini telah berlangsung sejak awal Desember 2020. Hal yang menggembirakan ujarnya, telah berjalan setiap jumat tanpa terputus.

“Selain Jumat Berbagi yang dikhususkan untuk anak yatim, juga sudah berlangsung Pendidikan Peduli setiap awal semester atau dua kali setahun. Sementara hari ini, penyaluran zakat untuk hasnaf yang delapan, untuk yang kedua kalinya. Sebelumnya, juga telah disalurkan menjelang Idul Fitri 1442,” ujarnya.

Hal menarik, menurut Mualaf ini, ada juga yang memberikan bantuan dalam bentuk snack dan nasi. “Jadi sebelum acara dimulai, perut sudah terganjal. Karena, kegiatan dilaksanakan usai shalat jumat,” ujarnya. (Salih)

Tonton Video Jumat Berkah

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Dr.Asrizallis, Walinagari Cubadak, V Kaum, Tanah Datar

Dr.Asrizallis, Terpilih Sebagai Ketua Forum Wali Nagari Tanah Datar

Padang Panjang, SpiritSumbar – Terpilih sebagai Ketua Forum Wali Nagari (Fowari) Kabupaten Tanah Datar. Itulah ...