Depan - Pendidikan - Apresiasi - JAPNAS Sumbar Sambut Baik Program JBB Masjid Al Quwait
Pengurus JAPNAS Berbakti, Ozi serahkan bantuan secara simbolis pada anak yatim dalam program JBB Masjid Al Quwait
Pengurus JAPNAS Berbakti, Ozi serahkan bantuan secara simbolis pada anak yatim dalam program JBB Masjid Al Quwait

JAPNAS Sumbar Sambut Baik Program JBB Masjid Al Quwait

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Rumah Gadang Basamo (RGB) Alumni SMA 1 Padang tamatan 1987 bekerjasama dengan Masjid Al Quwait Kelurahan Banuaran Nan XX, Kecamatan Lubuak Bagaluang, Kota Padang gelar Program Jum’at Berkah Berbagi (JBB).

JBB pada Jumat, 2 Juli 2021 terasa istimewa. Agenda pekan ke-15 ini dalam bentuk Pendidikan Peduli Anak Yatim. Selain jumlah peserta penerima lebih banyak, nilainya pun lebih besar.

Koordinator JBB, Herwaty Taher menjelaskan, jumlah penerima bantuan biaya pendidikan 39 orang. Nilainya pun lebih besar, yakni SMA/SMK/MA yang berjumlah 13 orang, masing masing mendapat Rp 400 ribu. Sedangkan SMP/Mts berjumlah 17 orang, masing masing Rp Rp 300 ribu dan SD/MI 9 orang masing-masing Rp 250 ribu.

Sementara JBB reguler yang dilaksanakan setiap ba’da Shalat Jumat hanya sekedar belanja harian, plus snack dan nasi.

Mualaf yang berasal dari etnis Tionghoa ini mengatakan program ini berawal dari niat salah seorang pengusaha yang kembali bangkit, setelah terpuruk oleh dampak pandemi.

Ini berlanjut setiap pekan dan disambut antusias, para rekan rekan yang tergabung dalam RGB. Malahan, mereka mau badoncek. Tujuannya, hanya satu, yakni agar kegiatan terus berlanjut.

“Berdasarkan kesepakatan dengan Ketua Masjid Al Quwait, Pak Saribulih, program ini terus berlanjut setiap ba’da Shalat Jumat. Juga kita sepakati dengan nama Jum’at Berkah Berbagi atau JBB,” ujar Herwaty Taher yang juga Ketua RT 01 RW 10 Kelurahan Banuaran ini.

Dia menambahkan, sebelum adanya Jumat Berkah Berbagi juga telah dilaksanakan Pendidikan Peduli Anak Yatim di Masjid Al Quwait ini, pada Akhir Desember 2020. “Ternyata program ini mendapat respon positif dari teman teman alumni yang tergabung dalam RGB. Maka, pada saat itu disepakati Pendidikan Peduli dilaksanakan 2 kali setahun atau setiap awal semester. Namun karena telah disepakati program JBB, maka kegiatan ini menjadi bagian dari JBB,” ujarnya.

Ketua Umum Jaringan Pengusaha Nasional (JAPNAS) Sumbar, Gun Sugianto yang diwakili pengurus JAPNAS Berbakti (Jabat) Ozi menyambut baik atas ajakan sebagai donatur tetap JBB. Menurutnya, Jabat merupakan Badan Otonom organisasi Japnas yang bertindak sebagai lembaga pelaksana kegiatan sosial organisasi.

“Kita akan bicarakan dengan teman teman untuk ikut terlibat sebagai donatur kegiatan santunan untuk anak-anak yatim dan fakir miskin. Kemarin kita juga sudah salurkan bantuan, namun melalui panti asuhan yang ada di Kota Padang,” ujar Ozi.

Sementara, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Quwait yang juga Penanggung Jawab Jumat Berkah Berbagi, Saribulih berharap program ini terus berlanjut setiap pekan. Untuk itu, dia bersama Pengurus JBB lain sepakat membuka peluang untuk menjadi donatur tetap dan insidentil.

“Saat ini donatur tetapnya dari RGB. Ke depan kita juga membuka peluang kerjasama dengan pihak lain. Hari ini kita juga undang Jaringan Pengusaha Nasional Sumbar atau Japnas untuk bisa sebagai donatur tetap JBB ini. Karena menyantuni anak yatim merupakan tanggung jawab kita bersama,” ujar Saribulih yang juga Ketua RT 04 RW 11 Kelurahan Banuaran ini.

Saribulih mengungkapkan santunan kali ini, untuk 39 anak yatim yang ada di Kelurahan Banuaran. “Dari 10,7 juta dana yang terkumpul berasal dari RGB ditambah dari donatur lainnya, ” ujarnya.

“Kekurangan dari dana santunan diambilkan dari Kas Anak Yatim Masjid Al Quwait. Mudah mudahan ada donatur yang akan ikut berpartisipasi untuk menalangi kekurangan tersebut,” ujarnya.

Bak gayung bersambut, Camat Lubuak Bagaluang, Heriza Syafani menyambut positif program Masjid Al Quwait ini. Dia membandingkan, di zaman Rasulullah, masjid merupakan pusat kegiatan umat. Bukan hanya sekedar ibadah shalat wajib saja.

“Ini hal yang patut disyukuri, adanya kerjasama masjid dengan pihak ketiga. Apalagi, pemberian santunan ini dilakukan rutin setiap pekan. Mudah mudahan ini terus berlanjut,” ujar Heriza Syafani yang mengaku baru 2 bulan bertugas sebagai camat di Kecamatan Lubuak Bagaluang.

Pada kesempatan itu, dia juga mengapresiasi penghapal Al Quran, Febri dengan dua lembar uang 50 ribu. Febri yang merupakan santri Tahfizh Masjid Al Quwait mendapat giliran tampil pada JBB pekan ke-15. Para Hafizh tampil secara bergiliran pada setiap pekan. “Luar biasa Masjid Al Quwait yang telah melahirkan Hafizh melalui program Tahfizh,” ujarnya.

Hadir dalam Jum’at Berkah Berbagi, Camat Lubuk Begalung Heriza Syafani, Ketua Umum JAPNAS Sumbar, Gun Sugianto yang diwakili Pengurus JAPNAS Berbakti, Lurah Banuaran Nan XX yang diwakili Sekretaris Lurah Yanti Ginting, Ketua RW 11, H. Hudi Sutomo, Majelis Taklim, Guru Tahfizh Masjid Al Quwait, orang tua penerima santunan, para penerima santunan dan undangan lainnya. (Rel)

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Padang Lakukan Penyekatan PPKM dari RT Hingga Kelurahan

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV harus diimbangi dengan pengawasan ...