Selasa , 21 September 2021
Depan - Headline - Jadikan Masjid Sebagai Pusat Kegiatan Umat
Penyampaian Materi PPGD oleh PMI Sumbar, Antoni
Penyampaian Materi PPGD oleh PMI Sumbar, Antoni

Jadikan Masjid Sebagai Pusat Kegiatan Umat

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com – Keberadaan Masjid Al Quwait betul betul dirasakan manfaatnya oleh warga Banuaran, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat. Masjid yang berdiri dari bantuan negara Kuwait pasca gempa 2009 tersebut tidak hanya sekedar kegiatan pendidikan keagamaan dan ibadah wajib saja. Namun, bersifat menyeluruh.

Malahan, Minggu (17/3/2019) juga dijadikan sebagai sekretariat Kelompok Siaga Bencana (KSB) Mitra Utama Kelurahan Banuaran Nan XX. Hal ini ditandai dengan pengukuhan pengurus oleh Lurah Banuaran Nan XX, Dirsan, S.Sos.

Pada kesempatan itu, Dirsan mengapresiasi langkah Pengurus Masjid Al Quwait yang terus berupaya untuk meramaikan masjid dengan berbagai kegiatan.

“Ini hal yang luar biasa dilakukan Ketua RT. Hampir setiap bulan, saya diundang untuk menghadiri berbagai kegiatan di masjid ini. Malahan, ini satu-satunya masjid yang saya kunjungi selama menjabat Lurah Banuaran sejak Desember 2018. Dan itupun telah berkali-kali,” ujar Dirsan mengapresiasi Ketua Masjid Al Quwait yang juga Ketua RT 04 RW 11 Banuaran, Saribulih

Sementara Ketua KSB Mitra Utama yang baru dikukuhkan, Saribulih bertekad untuk menjadikan Masjid Al Quwait sebagai pusat kegiatan umat. Dibidang olah raga, masjid ini ujar telah memiliki tim Futsal yang meraih Juara 2 pada kejuaraan HUT Lantamal.

“Saat ini, kita juga akan menyediakan lapangan tenis meja yang diperuntukan pada anak-anak SMA/SMK. Hal ini didasari, siswa SMA seperti terabaikan tidak memiliki wadah di masjid, seperti SMP dengan worid remaja dan SD dengan Didikan subuh serta TPQ/TQA. Alhamdulillah TPQ kita telah menggelar Khatam Al Qur’an dua minggu lalu,” ujarnya.

Khusus untuk kegiatan KSB ini, Saribulih mengaku mendapat respon positif dari warga Banuaran Nan XX. Hal ini dibuktikan motivasi mereka menghadiri kegiatan ini serta keinginan tahuan mereka saat pelatihan berlangsung.

Saribulih yang juga praktisi pendidikan ini  mengungkapkan anggota KSB yang mengikuti pelatihan sebanyak 86 orang. Namun, masih banyak warga yang kecewa lantaran tidak mengetahui adanya pelatihan.

“Dalam beberapa pekan ke depan, kita kembali akan mengadakan pelatihan dengan materi kesiagaan gempa dan juga kebakaran. Semoga yang belum ikut, juga diikutkan. Mereka semua akan direkrut sebagai Anggota KSB,” ujarnya

Saribulih nmemberikan apresiasi kepada Anggota DPRD Padang, Masrul, Ketua Dewan Masjid Indonesia Kota Padang yang juga pendiri Baznas Kota Padang, H. Maigus Nasir, S.Pd. Pengurus Pusat PMI, Dr. H. Alirman Sori, SH. M.Hum. MM dan Lurah Banuaran, Dirsan, S.Sos yang telah membantu hingga terselenggarannya pengukuhan pengurus dan pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat.

“Kita berharap, Masrul yang kembali mencalonkan diri terpilih kembali sebagai anggota DPRD Padang dari PAN. Hal sama, Pak Maigus Nasir juga terpilih sebagai Anggota DPRD Sumbar yang juga mencalonkan diri dari PAN. Tentu juga, kita berharap Pak Alirman Sori kembali diamanahkan sebagai Anggota DPD RI. Agar mereka lebih memberikan perhatian terhadap pembangunan ke depan,” ujarnya. (Zetri)

Berikutnya :

Juhardio : KSB Miliki Misi Kemanusiaan

Alirman Sori Ajak Masyarakat Peduli Siaga Bencan

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Kejar Target, Vaksinasi Sasar SMAN 6 Sijunjung

SPIRITSUMBAR.com, Sijunjung – Polres Sijunjung dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung, launching Gerai Vaksin tingkat sekolah ...