Minggu , 26 September 2021
Depan - Headline - Ini Salah Satu Pasangan Calon Bupati Mentawai Yang Sudah Punya Kereta

Ini Salah Satu Pasangan Calon Bupati Mentawai Yang Sudah Punya Kereta

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Konstelasi politik di Bumi Sikerei menjelang Pilkada Kabupaten Kepulauan Mentawai 2017 semakin dinamis. Apalagi, sudah tercapainya kesepakatan majunya pasangan Juniator Tulius – Parlindungan sebagai calon Bupati – Wakil Bupati Mentawai periode 2017 – 2022.

Hal ini terungkap pada salah satu rumah makan di kawasan GOR H. Agus Salim Padang, Selasa (26/7/2016) sore.

Dalam penyampaian hasil kesepakatan tersebut tampak hadir beberapa tokoh masyarakat Mentawai dan pimpinan partai politik seperti mantan Bupati Mentawai 2 periode, Edison Saleleubaja. Ketua DPD PAN Kab. Kepulauan Mentawai Rizal Ramon, Ketua DPC Gerindra Suniarto Saogo dan beberapa tokoh mahasiswa Mentawai yang sedang menuntut ilmu di Padang.

Dalam pengantarnya, calon Bupati Juniator Tulius menyampaikan, keinginan maju di pilkada Mentawai adalah sebuah panggilan jiwa untuk membangun kampung halaman. Membangun Mentawai, katanya, harus dilihat secara utuh. Bukan saja membangun fisik semata, tetapi yang perlu juga diperhatikan adalah bagaimana membangun manusianya (SDM).

Persoalan infrastruktur di Mentawai, lanjut Tulius, memang harus disegerakan, tetapi membangun manusianya harus menjadi yang utama. Agar tidak tercerabut dari akar budaya yang selama ini telah ada di Mentawai. “Kita ingin menjadikan Mentawai itu Bali-nya Indonesia bagian barat. Pariwisatanya maju, tetapi budayanya tetap lestari,” ujar putera daerah Mentawai kelahiran Muara Siberut itu, yang juga seorang doktor (S3) lulusan Universitas Leiden Belanda.

Juniator Tulius berpasangan dengan Parlindungan sebagai calon wakil bupati, yang juga putera daerah Mentawai kelahiran Nemnemleleu. Tamatan Sekolah Tinggi Theologia Jakarta yang sekarang menjadi pendeta di GKPM Mentawai. Pasangan ini mendapatkan dukungan penuh dari mantan Bupati Mentawai Edison Saleleubaja yang akan terjun langsung sebagai tim pemenangan pasangan ini.

Sementara itu pimpinan partai politik yang hadir menyatakan siap mendukung pasangan Juniator – Parlindungan (JP). Juniator merupakan kader PAN, sedangkan Parlindungan kader Gerindra. Di DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai, PAN dan Gerindra masing-masing memiliki 2 kursi, dan kalau berkoalisi cukup untuk mengusung pasangan calon.

“Kami sedang menjajaki koalisi PAN-Gerindra, mudah-mudahan segera terwujud. Dan akan kita deklarasikan lebih lanjut pasangan ini secara resmi di Mentawai. Sampai sekarang komunikasi politik untuk membangun koalisi sesama partai terus dilakukan secara intens. Semoga saja partai-partai lain siap pula berkoalisi untuk membangun Mentawai ke arah yang lebih baik ke depannya,” ujar Rizal Ramon diamini Suniarto. (rel)

iklan Bendera marawa ok

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Novrianto

Ughang Piaman di Padang Cari Pemimpin

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Ughang Piaman di Kota Padang sambuah alah banyak e. Nah untuk menguatkan ...