Beranda - Pendidikan - Apresiasi - Ini Penyebab Belum Diumumkan Hasil Seleksi Guru Kontrak Pessel
Tes wawancara calon guru kontrak Pesisir Selatan (foto Niko - SpiritSumbar.com)
Tes wawancara calon guru kontrak Pesisir Selatan (foto Niko - SpiritSumbar.com)

Ini Penyebab Belum Diumumkan Hasil Seleksi Guru Kontrak Pessel

Print Friendly, PDF & Email

Painan, SpiritSumbar.com – Terlambatnya pengumuman hasil seleksi guru kontrak daerah tingkat Sekolah Dasar serta guru Kategori  II di Pesisir Selatan bukan tanpa alasan. Hal ini tersangkut dengan suatu aturan yang belum clear antara kebijakan pemerintah daerah dengan kementerian pemberdaya gunaan aparatur negara (Kemenpan).

“Memang kami berencana untuk mengumumkan, tapi tunggu dulu, karena masih ada aturan yang mengganjal. Sehingga Badan Kepegawaian daerah perlu melakukan konsultasi ke Kemenpan”jelas Zulkifli di ruang kerjanya Senin (13/3/2017).

Zulkifli mengatakan jumlah total keseluruhan untuk pengangkatan guru kontrak tersebut sebanyak 1.294 orang. “Jumlah itu sudah digabung dengan guru Kategori II sebanyak 384 orang dan nanti bakal diumumkan secara bersamaan”katanya.

Ia menyebutkan, jika seandainya kemenpan telah memberikan kepastian tentang persetujuan dalam pengangkatan para tenaga pendidik non pns itu, maka kesejahteraan mereka akan lebih terangkat dari sebelumnya

“Dengan total dana yang kita anggarkan dari APBD senilai Rp. 10 Miliar 500 juta, ya kita kisar gajinya Rp. 750/bulan,” ujarnya.

Kepala Badan Kapegawaian Daerah (BKD) Ahda Yanuar, menyebutkan, ada beberapa item yang mesti dikoordinasikan dengan Kemenpan terkait penerimaan guru kontrak ini. Hal itu, sebut dia, terkait dengan PP No 48 2005 tentang perekrutan kepegawaian.

“Di PP jelas, kita (BKD) dilarang merekrut tenaga non PNS, namun disisi lain ada kebutuhan yang mendesak, jadi ini perlu kita koordinasikan agar tidak salah dalam mengambil keputusan,” kata dia.

Dia mengatakan, saat ini segala aturan sudah moratorium ke pusat. Pemerintah daerah harus mengacu pada aturan itu. Pemerintah daerah tak boleh mengangkangi aturan yang lebih tinggi. Termasuk dalam pengangkatan tenaga kontrak tersebut.

“Maka dari itu, kita perlu melakukan konsultasi. Jika nanti kemenpan mengarahkan pada suatu regulasi, kita akan melakukan hal itu. Intinya kita lihat nanti, ” katanya.

Dia menyebutkan, jika nanti diarahkan pada perekrutan melalui beberapa tes yang mengacu pada sistem pusat. Tentu, kata dia, pemkab siap untuk itu. Apalagi, dalam penerimaan lalu sudah memakai sistem Test Kemampuan Dasar (TKD) memelalui sistem CAT. “Mudah-mudahan segela sesuatunya berjalan dengan apa kita harapkan”pungkasnya.

Pewarta : NIKO

Editor : Saribulih

Artikel Spirit Sumbar lainnya

loading…


Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Indra Catri

Dituding Otak Pencemaran Nama Baik, Indra Catri Sampaikan Klarifikasi

Spiritsumbar.com, Padang – Surat permintaan maaf, ES terhadap Ir. H. Mulyadi beberapa waktu lalu berbuntut ...