Beranda - Berita Pilihan - Ini Langkah Agam Menjawab Kearifan Lokal untuk Ketahanan Pangan
Agam Jadi Kawasan Komiditi Bawang Merah
Agam Jadi Kawasan Komiditi Bawang Merah

Ini Langkah Agam Menjawab Kearifan Lokal untuk Ketahanan Pangan

Print Friendly, PDF & Email

Lubuk Basung, SpiritSumbar.com – Program mandiri pangan yang sedang dipacu Bupati Agam Indra Catri, merupakan untuk memberikan solusi buat masyarakat Kabupaten Agam,  terutama yang kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan hidup dan menghemat pengeluaran sehari-hari.

Kabupaten Agam memiliki sumber daya alam yang bagus, masyarakat harus mampu hidup mandiri dengan memanfaatkan potensi yang ada secara maksimal.

Pemerintah memberikan solusi alternativ bagi masyarakat untuk mengatasi inflasi kebutuhan pokok rumah tangga. Dengan membagikan bibit tanaman pada masyarakat untuk ditanam diperkarangan rumah seperti, jengkol, petai, nangka, cabe rawit, cabe merah dan jenis tanaman lainnya.

Satu harapan besar yang lahir dari benak orang nomor satu itu, masyarakat Agam bisa hidup mandiri.Masyarakat harus lebih banyak menjual daripada membeli tegas bupati Indra Catri.

Masyarakat diharapkan untuk kembali ke zaman dulu, masyarakat yang peduli kearifan lokal. Masyarakat cenderung menjual hasil tanaman untuk membeli keperluan rumah tangga lainnya.

Hasil kebun dan kolam itulah yang mereka bawa ke pasar, untuk dijual. Uangnya dibelikan kebutuhan keluarga. “Alangkah senangnya, kalau masyarakat sudah biasa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari di halaman miliknya sendiri,” papar Indra Catri

Pewarta : Irman Naim
Editor : Saribulih

Artikel Spirit Sumbar Lainnya

loading…


Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Alex Indra Lukman

HUT RI ke 75, Momentum Memerdekakan Daerah 3T dari Keterasingan Sinyal Internet

Spiritsumbar.com, Padang – Era kenormalan baru pada masa Pandemi Covid19, merupakan tantangan yang harus segera ...