Depan - Info Terkini - Ini Kawasan Blank Spot di Pesisir Selatan
ilustrasi (Solusigadget.net)
ilustrasi (Solusigadget.net)

Ini Kawasan Blank Spot di Pesisir Selatan

Print Friendly, PDF & Email

Sementara itu, dari salah satu daerah yang masuk sebagai blank spot yakni Kabupaten Pesisir Selatan, Diskominfo mengusulkan 13 titik tower Base Transceiver Station (BTS) yang direncanakan dibangun di tujuh kecamatan.

Junaidi menjelaskan, keberadaan menara BTS nantinya di pergunakan menjangkau kecamatan-kecamatan di Kabupaten Pessel yang mengalami blank spot.

Ia menyebutkan, tujuh kecamatan yang diusulkan itu, yakni Kecamatan Koto XI Tarusan (2 titik), Kecamatan Bayang Utara (2 titik), Kecamatan Lenggayang (2 titik), Kecamatan Sutera (2 titik), Kecamatan Batang Kapas (2 titik), Kecamatan Rahul (1 titik), Kecamatan IV jurai (2 titik), dan Kecamatan Pancung Soal (1 titik).

Menurutnya, di Pesisir Selatan sendiri memang dianggap sangat perlu untuk jaringan telekomunikasi. Apalagi dengan jumlah 15 kecamatan dan 182 nagari di Kabupaten Pessel, merupakan jumlah penduduk yang cukup besar.

“Jadi 13 titik menara sinyal (BTS) itu diusulkan ke Kementerian Kominfo serta Balai Penyedia, Penggelolan, dan Pembiayaan Dokumen dan Informatika,” ungkapnya.

Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat,saat ini membutuhkan 13 unit menara telekomunikasi atau Tower Base Transceiver Station (BTS) untuk ditempatkan di wilayah yang selama ini belum terjangkau sinyal di daerah

“Ke 13 BTS tersebut dibutuhkan di delapan kecamatan di antaranya Koto XI Tarusan dua unit BTS, Bayang Utara dua unit, Sutera dua unit, Lengayang dua unit,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pesisir Selatan, Juneidi di Painan, Rabu.

Selanjutnya Batang Kapas dua unit BTS, Ranah IV Hulu Tapan satu unit, IV Jurai satu unit, dan Pancung Soal satu unit BTS.

Kebutuhan itu, sebutnya telah diusulkan ke Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI).

“Mudah-mudahan usulan tersebut bisa direalisasikan sehingga dengan dicukupinya kebutuhan BTS tentu akan membuat masyarakat nyaman dalam berkomunikasi menggunakan telepon seluler, dan juga bisa mengakses berbagai informasi melalui internet,” ujarnya. (edi)

Sebelumnya : Blank Spot , Satu Setengah Jam Perjalanan Demi Sinyal Seluler

Halaman

[  1  ]    [  2  ]

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Bertekad Tetap Informatif, Pessel Gelar Bimtek Pemeringkatan untuk PPID Pembantu

SPIRITSUMBAR.com, Painan – Agenda besar tahunan yang dilakukan oleh PPID Utama Kabupaten Pesisir Selatan (Kab.Pessel) ...