Kamis , 23 September 2021
Depan - Berita Pilihan - Inagara Award Diraih, Smart City Padang Panjang Jadi Meningkat
Wawako Asrul dan sejumlah pejabat terkait mengikuti acara HUT ke-64 LAN-RI secara virtual dari ruang VIP Balaikota Padang Panjang, Jumat (6/8)
Wawako Asrul dan sejumlah pejabat terkait mengikuti acara HUT ke-64 LAN-RI secara virtual dari ruang VIP Balaikota Padang Panjang, Jumat (6/8)

Inagara Award Diraih, Smart City Padang Panjang Jadi Meningkat

Print Friendly, PDF & Email

Padang Panjang, Spiritsumbar – Kota Padang Panjang meraih penghargaan Inagara Award bersama 6 daerah lain dari LAN-RI, Agustus 2021 ini. Itu penghargaan nasional ketiga bagi Padang Panjang sejak Juli 2021. Menariknya lagi, Inagara Award terkait inovasi daerah dan gerak maju smart city Kota Padang Panjang.

Penghargaan itu disampaikan pada peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-64 LAN-RI yang digelar secara virtual di Jakarta, Jumat pagi (6/8) lalu. Di Padang Panjang sendiri kegiatan ini diikuti oleh sejumlah pejabat lewat fasilitas Command Centre yang dihubungkan ke layar monitor besar di ruang VIP Balaikota.

Sebelumnya, Kota Padang Panjang pada Juli 2021 lalu meraih 2 penghargaan nasional. Pertama, penghargaan di bidang koperasi dan UMKM dari Kementerian Koperasi dan UMKM-RI. Kedua, penghargaan Kota Layak Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI.

Tujuh daerah peraih Inagara Award itu terdiri Kota Padang Panjang Provinsi Sumatera Barat; Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Pandeglang (Banten); Kabupaten Manggarai (Nusa Tenggara Timur); Kabupaten Seluna (Bengkulu) dan Kabupaten Mamuju Tengah (Sulawesi Barat).

Di Padang Panjang, begitu penghargaan untuk kota itu diumumkan, spontan disambut aplaus dan ucapan Alhamdulilah oleh Wakil Walikota Asrul, Kepala BKD Rudi Suarman; Kadis Arsip & Pustaka Alvisena; Kadis Dukcapil Maini; Sekretaris Bappeda Davidson dan beberapa pejabat terkait lain yang hadir.

Usai mengikuti acara HUT ke-64 LAN-RI itu, Wawako Asrul menyampaikan lewat pers ucapan terimakasih kepada LAN-RI atas apresiasinya terhadap upaya Pemko Padang Panjang mewujudkan inovasi daerah. Inovasi yang dimunculkan oleh OPD kota itu terkait upaya peningkatan kinerja dan layanan public.

Terpisah, Kepala Bappeda Kota Padang Panjang, Rusdianto melalui Sekretaris Bappeda, Davidson dan Kabid Litbang Januardi, mengungkap program inovasi daerah di kota itu dimulai pada 2020 bekerjasama dengan LAN-RI. Dari program ini muncul 200 lebih konsep inovasi dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang ada.

Kemudian dari hasil evaluasi ada sekitar 150 konsep inovasi yang layak dikembangkan. Angka 150 konsep inovasi inilah yang dilaunching bersama Perwakilan LAN-RI di objek wisata Mifan Padang Panjang, 1 Desember 2020. Dan itu jadi bagian dari kado ulang tahun ke-230 Kota Padang Panjang.

Belakangan, hasil evaluasi lanjutan menurut Januardi, dari 150 konsep inovasi tadi sudah mulai dilaksanakan sekitar 60%. Beberapa di antaranya, inovasi layanan satu jam saja di RSUD, sistem absensi praktis dengan istilah Uda Jang dari Dinas Kominfo dan layanan administrasi kependudukan di Dinas Dukcapil.

Makanya, kemunculan banyak inovasi pada sistem kerja dan layanan publik di unit-unit kerja Pemko itu juga menunjang kemajuan aplikasi program smart city daerah. Seperti diketahui, program smart city merupakan 1 dari 29 program RPJM duet Walikota/Wakil Walikota Padang Panjang, Fadly Amran-Asrul (2018-2023).(yet/jym).-

Profil Yetti Harni

mm

Baca Juga

Bupati Pessel : Keterbukaan Informasi Tak Bisa Ditawar

SPIRITSUMBAR.com, Painan – Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, membuka acara bimbingan teknis (Bimtek) pemeringkatan ...