Minggu , 26 September 2021
Depan - Pendidikan - Artikel - Implementasi Kurikulum Kondisi Khusus pada Era Pandemi Covid-19
Desi Azmarianty
Desi Azmarianty

Implementasi Kurikulum Kondisi Khusus pada Era Pandemi Covid-19

Print Friendly, PDF & Email

Pembelajaran daring dapat memakai aplikasi digital yang menunjang proses pembelajaran jarak jauh tersebut. Media pembelajaran daring pada kurikulum darurat ini dapat mengunakan Google Class Romm, WAG, Edmodo dan lain sebagainya yang disesuaikan dengan kemampuan penguasaan teknologi digital baik oleh guru maupun peserta didik sendiri.

Implementasi kurikulum darurat pada kondisi khusus pada masa era pandemi covid-19 berpedoman pada keputusan kemendikbud nomor 719/ P / 2020. Diharapkan kegiatan pembelajaran tetap berjalan dengan baik di tengah kondisi pandemi salah satunya pembelajaran daring dengan mengunakan fasilitas internet.

Selain itu, pembelajaran daring juga dapat dilakukan dengan E- Learning sekolah, penyediaan modul elektronik, membuat video pembelajaran, penyediaan media dan modul pembelajaran. Namun demikian harus dipastikan terlebih dahulu kemudahan akses oleh guru dan peserta didik.

Pembelajaran daring yang dilakukan dari rumah tetap diusahakan memenuhi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar ( KI- KD). Dalam hal pelaksanaan kurikulum harus mengutamakan prinsip pengembangan karakter, akhlak mulia, ubudiyah, kemandirian serta kesalehan peserta didik.



Pembelajaran daring sebagai implementasi kurikulum darurat yang dilakukan dari rumah akan menjamin kesehatan, keselamatan peserta didik sehingga dapat memutus mata rantai peneyebaran virus covid-19.

Diharapkan dengan pembelajaran daring siswa akan tetap fokus pada materi yang esensial, mata pelajaran pasangan. Serta mata pelajaran utama, pengembangan diri, peminatan.

Juga ketrampilan yang menumbuh kembangkan kompetensi literasi bahasa, literasi matematika, literasi sains, literasi teknologi serta literasi visual. Guru dapat memberikan tugas mandiri. Sehingga peserta didik tidak terlalu lama berada di depan laptop atau Handphone dalam mengikuti pembelajaran daring.

Implementasi kurikulum kondisi khusus pada era pandemi covid-19 perlu dilakukan. Sekolah dituntut untuk melakukan inovasi dan kreatifitas sehingga tercipta kondisi pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan bagi semua peserta didik. Mudah-mudahan pandemi covid 19 ini segera berlalu dan pembelajaran bisa berlangsung kembali seperti semula.

<<<Sebelumnya     Selengkapnya>>>

[ 1 ]   [ 2 ]   [ 3 ]   [ All ]

Tip & Trik

loading…


 

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Novrianto

Ughang Piaman di Padang Cari Pemimpin

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Ughang Piaman di Kota Padang sambuah alah banyak e. Nah untuk menguatkan ...