Beranda - Covid19 - IKGS Sumbar Peduli Covid-19 Bantu Perantau yang Kehilangan Sumber Penghasilan
Ikatan Keluarga Gurun Saiyo (IKGS) peduli Covid-19
Ikatan Keluarga Gurun Saiyo (IKGS) peduli Covid-19

IKGS Sumbar Peduli Covid-19 Bantu Perantau yang Kehilangan Sumber Penghasilan

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Padang – Penyebaran Corona virus disease 2019 (covid-19) atau virus corona terus terjadi.

Dari data pantauan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat, Selasa (21/4/2020) jumlah positif Virus corona jenis baru, severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) di Sumbar sebanyak 76 kasus, 7 meninggal dan 13 sembuh.

Untuk mengurangi penyebarannya pemerintah pun meminta masyarakat untuk berdiam diri di rumah, ditambah lagi dengan adanya pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di wilayah Sumatera Barat dari tanggal 22 April sampai 5 Mei 2020.

Hal ini tentu akan berdampak terhadap ekonomi keluarga. Lebih-lebih bagi keluarga yang tidak memiliki penghasilan tetap.

Untuk membantu dan meringankan beban ekonomi keluarga yang sedang dilanda krisis tersebut, warga Nagari Gurun Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar yang terhimpun dalam wadah Ikatan Keluarga Gurun Saiyo (IKGS) Sumatera Barat melakukan gerakan peduli Covid-19.

Antar sesama warga melakukan penggalangan dana dari warga yang memiliki ekonomi lebih dan memberikannya kepada warga Gurun di Kota Padang yang sangat membutuhkan yang terkena dampak Covid-19. Karena, mereka tidak bisa lagi bekerja mencari nafkah sebagaimana biasanya untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Dana yang terkumpul tersebut dibelikan dalam bentuk paket sembako berupa beras, telur, minyak makan, mie instan dan gula pasir. “Total satu paketnya sekitar tiga ratus ribu rupiah,” ungkap Hj. Aryani Gani yang merupakan salah seorang panitia pengumpulan dana IKGS Sumbar.

Untuk tahap pertama pengumpulan dana ini ditutup tanggal 20 April 2020 siang. Sore harinya langsung dibelanjakan untuk membeli paket sembako yang akan diserahkan berupa beras, telur, minyak makan, gula, dan mie instan.

Penyerahan telah dilakukan di Sekretariat Panitia Kampung Jawa Dalam IV No. 2 Padang, pada Selasa, 21 April 2020 .

“Dari wajah saudara kita yang menerima bantuan paket sembako terlihat rasa haru bercampur bahagia, karena dengan adanya bentuk kepedulian kita ini tentu akan bisa mengurangi kesulitan sembako keluarganya sebagai dampak dari Covid-19,” ujarnya.

“Semoga dunsanak-dunsanak kita yang telah menjadi donator mendapatkan balasan pahala dari Allah SWT dan diberi rezki yang berlipat ganda,” ujarnya. (Feri Fren)

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Calon gubernur Sumbar Nasrul Abit berdialog dengan Niniek Mamak Nan Duo Puluah di Kantor KAN Indrapura, Sabtu, 28 November 2020

Ninik Mamak Indrapura : Malu Kalau Nasrul Abit Kalah di Pessel

SPIRITSUMBAR.COM, Pesisisr Selatan – Ninik Mamak Nan Duo Puluah, Kecamatan Indrapura, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), ...