Beranda - Pendidikan - Apresiasi - HJK Pesisir Selatan ke-72, Momentum Bersatu Melawan Virus Corona
Erizon
Erizon

HJK Pesisir Selatan ke-72, Momentum Bersatu Melawan Virus Corona

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Pesisir Selatan – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan tidak melakukan perayaan Hari Jadi Kabupaten (HJK) yang ke-72 pada tahun ini. Langkah ini dilakukan, sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran coronavirus disease 2019 (Covid-19) atau virus corona.

Hal ini terlihat dengan tidak adanya aktivitas perayaan, pada Rabu (15/4/2020). Semua kegiatan terlihat biasa tanpa ada yang spesial.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pesisir Selatan, Ir. Erizon menyatakan perayaan HJK Pesisir Selatan memang ditiadakan tahun ini. Hal tersebut menurut Sekda, dikarenakan adanya pandemi virus corona jenis baru, severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang mengakibatkan keluarnya larangan untuk melakukan aktivitas yang menimbukan keramaian.

“Memang sudah kita tiadakan, pasca merebaknya kasus Covid-19 kita memutuskan untuk tidak melakukan perayaan apapun dalam rangka hari jadi. Namun aktivitas lainnya masih berjalan seperti biasa,”terang Sekda.


Artikel Lainnya

loading…


Terkait penundaan menurut Sekda belum terencanakan, karena pemerintah daerah masih fokus dalam percepatan penanganan Covid-19 di wilayah tersebut. Sejumlah anggaran terserap untuk berbagai kegiatan dalam upaya penanganannya.

Meski demikian, menurut Erizon semangat cinta kabupaten tetap harus ditumbuhkan dengan mengikuti anjuran pemerintah terutama dalam masa pandemi Covid-19.

“Kita berharap masyarakat tetap menanamkan rasa cinta terhadap Kabupaten pada diri masing-masing.Kan tidak harus ada perayaan. Ditengah masa pandemi ini, bisa diwujudkan dengan mengikuti anjuran pemerintah, dan tetap siaga siaga untuk melindungi keluar dari penyebaran Covid-19” ujar Erizon.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat Pesisir Selatan, agar mendo’akan Kabupaten dengan julukan Negeri Sejuta Pesona tersebut agar segera terbebas dari Virus Covid-19.

“Dengan Semangat Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan, mari kita bersatu melawan Virus Corona dan berdo’a untuk Pesisir Selatan khususnya serta seluruh Negeri, agar segera terbebas dari Virus (Covid-19) ini dan melakukan aktivitas seperti biasa lagi,”pungkasnya.

Dalam perayaan Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan di tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan memaknai dengan sejumlah kegiatan, diantaranya seperti Rapat Paripurna Istimewa, Festival Langkisau dan kegiatan Sumarak Pasisia yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Selain memiliki dampak ekonomi bagi masyarakat, kegiatan tersebut juga dapatmengundang wisatawan domestik atapun luar negeri yang berkunjung dalam masa 1 pekan.

Namun berbeda ditahun ini, seluruh kegiatan tersebut ditiadakan karena adanya status tanggap darurat bencana Covid-19 dan menyusul Penetapan Bencana Non-Alam Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) Sebagai Bencana Nasional yang ditandangani Presiden RI Senin (13/4/2020).



 

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Fachrul Razi

Breaking News, Menag Batalkan Keberangkatan Jamaah Haji

Spiritsumbar.com, Jakarta – Menteri Agama Fachrul Razi memastikan bahwa keberangkatan Jamaah haji pada penyelenggaraan ibadah ...