Depan - Berita Pilihan - Hendra IR Kembali Pimpin Dekopin Sumbar

Hendra IR Kembali Pimpin Dekopin Sumbar

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Padang, Peserta Musyawarah Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Provinsi Sumatera Barat kembali memberikan dukungan penuh kepada Hendra Irwan Rahim selaku Ketua Dekoponwil Sumbar periode 2021 – 2025 secara aklamasi bertempat di Hotel Pangeran Beach, Jumat 29 Oktober 2021.

Hendra Irwan Rahim kembali terpilih aklamasi sebagai Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Wilayah Sumbar periode 2021-2025, dalam musyawarah wilayah (muswil).

Ia terpilih aklamasi, setelah laporan pertanggungjawaban (lpj) sebagai Ketua Dekopin Sumbar periode 2017-2021 diterima peserta muswil.

Ia mengakui selama dua tahun masa pandemi Covid-19, Dekopin Sumbar tidak bisa berbuat banyak, dalam menjalankan programnya. Namun demikian, Hendra Irwan Rahim berhasil tetap memberikan sumbangsih yang cukup besar untuk Dekopin Sumbar. Salah satunya adalah melakukan perbaikan Kantor Dekopin Sumbar yang saat ini kondisinya sudah layak dan representative.

Kehadiran kantor yang representative tersebut mendapat apresiasi Wakil Ketua Umum (Waketum) Dekopin Dr.Agung Sudjatmiko. Menurutnya, Kantor Dekopin Sumbar saat ini bahkan lebih bagus dari Kantor Dekopin pusat.

Usai terpilih, Hendra Irwan Rahim langsung dikukuhkan oleh Ketum DPP Dekopin diwakili Waketum, Dr.Agung Sudjatmiko dan disaksikan Waketum lainnya, Ransien Saragih. Pengukuhan ditandai dengan penyerahan pataka Dekopin.

Hendra Irwan Rahim sangat menyadari banyak kekurangan selama ini dalam memimpin Dekopin Sumbar. “Mudah mudahan untuk yang akan datang, dengan telah melandainya Covid-19, kita bersama kembali mengurus koperasi. Rakor Dekopinda juga nanti akan melibatkan seluruh Dinas Koperasi,” ucapnya.

“Terimakasih atas kepercayaan yang sudah diberikan. Insya Allah Dekopin Sumbar ke depan kita upayakan lebih baik lagi, melahirkan terobosan baru sejalan dengan arahan ketua umum (ketum) dan tuntutan zaman yang sudah memasuki era digitalisasi,” kata Hendra Irwan Rahim.

Menurut Anggota DPRD Sumbar ini, dengan kebersamaan dan kekeluargaan yang terbangun selama ini di Dekopin, akan mempercepat terwujudnya harapan keluarga besar Dekopin untuk melahirkan berbagai inovasi demi kemajuan koperasi di Sumbar.

Sebelumnya, Waketum Dekopin Dr.Agung Sudjatmiko mewakili Ketum Nurdin Halid tidak memungkiri, banyak hambatan yang terjadi selama ini. Salah satunya Covid-19.

“Sudah dua tahun kita bergelut dengan persoalan Covid-19. Selama dua tahun ini, Covid-19 merubah situasi ekonomi sosial dan budaya. Jangan pernah menyerah dengan perjuangan ini. Dekopin tidak pernah diam dengan kondisi yang terjadi. Baik menghadapi ancaman dan peluang yang ada,” terangnya.

Dengan adanya Covid-19 dan perkembangan tekhnologi informasi (IT) dan perubahan sosial budaya, membuat Dekopin perlua melakukan. reorinetasi bisnis dan reorientasi management organisasi.

Dekopin harus membangun dan mengembangkan modernisasi management, mengembangkan dan mewujudkan digitalisasi koperasi. “Tekhnologi digital berkembang pesat. Ada 174 juta pengguna internet dan 160 juta pengguna media sosial (medsos). Ini harus jadi potensi pasar yang harus direbut. Jangan jadi penonton,” tegasnya.

Gerakan koperasi harus membangun program yang mampu menarik kaum milenial. Karena merekalah yang menguasai tekhnologi informasi dan jadi pemimpin masyarakat bangsa dan negara ke depan.

Lingkungan bisnis dan kehidupan sosial antar negara mengalami perubahan. Ketika lingkungan mengalami perubahan terjadi distorsi. Terjadi friksi dan pengelompokan masyarakat.

“Ini ciri ciri perkembangan tekhnologi digital. Tidak ada sekat antar manusia. Ini harus diantisipasi dengan modernisasi management, digitalisasi dan mengajak generasi milenial memanfaatkan teknologi informasi,” terangnya.

Gubernur Sumbar yang diwakili Asisten II Setdaprov Benny Warlis mengapresiasi terlaksananya Muswil Dekopin Sumbar yang sesuai anggaran dasar/anggaran rumah rangga (AD/ART). Koperasi merupakan ekonomi kerakyatan. Budaya berkoperasi harus didukung seluruh pihak.

Dekopin menurutnya wadah bagi koperasi untuk bernaung dan berkeluh kesah. Dengan Muswil Dekopin Sumbar jadi momentum untuk melakukan konsolidasi organisasi.

Benny menambahkan, kondisi di masa pandemi Covid-19 saat ini, mau tidak mau, suka tidak suka dipaksa untuk masuk era digitalisasi. Koperasi harus mengambil momentum memanfaatkan era digitalisasi. Generasi milenial harus bisa dirangkul untuk meraih peluang.

Benny juga mengajak koperasi agar mulai menyesuaikan diri menuju ekonomi syariah. Hal ini sesuai dengan falsafah di Minangkabau Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS SBK). Dekopin Sumbar menurutnya, harus bersama sama ormas Islam, bergerak agar ekonomi syariah dapat diwujudkan di Sumbar.

“Ekonomi syariah ini tidak banyak yang menyentuhnya saat ulama ceramah-ceramah di mesjid. Ini perlu disampaikan. Dekopinda bersama-sama MUI agar ikut menggerakan ekonomi syariah di Sumbar,” harapnya.

Ketua Panitia Muswil, Mirwan Pulungan yang menyebutkan Muswil untuk memilih Ketua Dekopin Sumbar periode 2021-2025 berlangsung selama dua hari 29-30 Oktober 2021.

Kegiatan muswil ini sebelumnya sempat tertunda akibat pandemi covid19, selanjutnya sejumlah agenda seperti Musyawarah Daerah (Musda) di Kab/Kota yang ada di Sumbar akan segera dilakukan mengingat pentingnya Dekopin di tengah tengah gerakan perkoperasian saat ini.(Buyung)

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

KI Jabar : Kalau Bersih Kenapa Risih

SPIRITSUMBAR.com, Bandung  – Keterbukaan informasi (KI) di Jabar masih sama dengan daerah lain, masih terus ...