Beranda - Pendidikan - Artikel - Hasrat untuk Berubah
Sukirman
Sukirman

Hasrat untuk Berubah

Print Friendly, PDF & Email

Oleh: Sukirman (Widyaiswara Madya LPMP Sumbar)

Perubahan adalah sesuatu yang selalu terjadi setiap saat. Seiring berjalannya waktu, untuk mengikuti alur perkembangan zaman,perubahan akan sudah pasti terjadi. Aspek yang selalu berubah itu anatara lain pengetahuan, kebudayaan, kehidupan, teknologi, dan waktu. Jika banyak hal yang mengalami perubahan, apa yang akan terjadi apabila kita tidak mengikuti perubahan tersebut? Yang pasti kita akan tertinggal.

Banyak orang yang berusaha dan berkomitmen untuk berubah, kenyataanya, banyak juga dari mereka yang tidak berhasil mengalami perubahan berarti. Akibatnya, mereka menyatakan bahwasanya berubah itu sulit. The world always changes. If you do not change, you die.

Faktor-faktor kecil yang menyebabkan orang tidak mau berubah adalah adanya anggapan bahwa berubah itu sulit, pada dasarnya tidak. Jangan anggap bahwa berubah itu asing. Kita harus bisa keluar dari zona kenyamanan, harus bekerja lebih keras, demi mewujudkan itu semua.

Bagi pendidik dan tenaga kependidikan, perubahan mutlak harus terjadi karena institusi pendidikan merupakan ujung tombak dari perubahan tersebut. Institusi pendidikan menghasilkan lulusan yang cerdas secara spiritual, sosial, dan intelektual.



Lulusan diharapkan taat beribadah sesuai agama yang dianutnya, toleran dan menghargai sesama, serta memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi yang mumpuni untuk dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Saat ini dunia pendidikan sudah mengalami perubahan yang pesat. Kemajuan dalam bidang teknologi informasi sudah mewarnai aktifitas pembelajaran di sekolah-sekolah. Jarak dan waktu bukan lagi kendala yang berarti untuk dapat melaksanakan pembelajaran, karena teknologi informasi yang berbasis internet sudah merambah ke pelosok-pelosok tanah air.

Kita tidak kemana-mana, tapi kita ada dimana-mana. Pandemi covid 19 pun seakan-akan ‘Sengsara membawa nikmat.’ Di satu sisi kita menemui kesulitan untuk melaksanakan pembelajaran karena tidak bisa tatap muka (zona nyaman).

Di sisi lain, mau tidak mau kita harus bisa melaksanakan pembelajaran secara virtual (keluar dari zona nyaman). Untuk itu pendidik harus terus belajar untuk menguasai teknologi informasi yang berbasis internet tersebut. Pembelajaran harus tetap jalan walaupun tidak dengan tatap muka. Itulah esensinya, kita tidak kamana-mana, tapi kita ada dimana-mana.

Lantas, dari mana perubahan itu harus dimulai? Apakah kita berharap orang lain akan terus membantu kita tanpa kita berkomitmen untuk berubah? Tentu tidak. Perubahan harus dimulai dari diri sendiri.

Kita jangan bermimpi untuk mengubah dunia tanpa kita sendiri yang berubah terlebih dahulu. Pesan untuk berubah ini sudah tertulis dalam puisi yang tertulis pada. batu nisan di Westminster Abbey, Inggris pada tahun 1100 M, yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, dengan judul ‘Hasrat Untuk Berubah.’

Puisi tersebut mengajarkan kepada kita untuk selalu cepat dan tepat memulai. Cepat memulai berarti mulai dari diri sendiri saat ini juga, dan tepat memulai berarti memulai dengan benar, yaitu mulai dari yang terkecil terlebih dahulu. Pesan ini juga sering dinasehatkan oleh Aa Gym, “Mulai dari diri sendiri, mulai dari hal terkecil, dan mulailah saat ini“. Jadi, setiap perubahan yang besar selalu diawali oleh perubahan yang kecil. Mari berubah menjadi lebih baik.

Tip & Trik

loading…


Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Tokoh Masyarakat Tanjung Gadang datangi Mapolres Sijunjung

4 Awak Bus ALS Lakukan Pembunuhan, Tokoh Masyarakat Tanjung Gadang Datangi Polres Sijunjung

SPIRITSUMBAR.COM, Sijunjung – Terungkapnya kasus pembunuhan yang diduga dilakukan oleh 4 awak Bus ALS di ...