Depan - Info Terkini - Hari Besar Islam, Momentum Motivasi dan Intropeksi Diri
Wakil ketua DPRD Agam Suharman memberikan sambutan saat turun kelapangan dalam menyambut aspirasi masyarakat (foto Irman Naim – Spirit Sumbar).
Wakil ketua DPRD Agam Suharman memberikan sambutan saat turun kelapangan dalam menyambut aspirasi masyarakat (foto Irman Naim – Spirit Sumbar).

Hari Besar Islam, Momentum Motivasi dan Intropeksi Diri

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Waktu, terus berjalan dan saat in sudah memasuki tahun 1438 Hijriah. Suatu pertanda dunia ini semakin tua, tantangan zaman ke depan semakin berat dan sulit. Perputaran waktu mesti menjadi renungan untuk  motivasi dan intropeksi bagi kaum muslim demi menata kehidupan yang lebih baik dengan meningkatkan iman dan takwa.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua DPRD Agam, Sumatera Barat, Suharman di ruang kerjanya, Rabu, 5/10/2016.

Dia juga mengajak  masyarakat Agam untuk menjadikan tahun baru 1438 H, sebagai momentum untuk melakukan percepatan pertumbuhan kehidupan menuju Masyarakat madani. “Maka sangatlah tepat jika kita sebagai masyarakat Agam untuk menyambut gerakan nagari madani, menjadi salah satu agenda srategis dalam mewujudkan visi dan misi Agam, untuk membangun Kabupaten Agam lima tahun ke depan dengan kreatif, inovatif dan agamais,” terang wakil ketua DPRD Agam dari Partai PKS ini.

Dalam meningkatkan kemajuan pembangunan disegala bidang pembangunan daerah dan masyarakat, tentu sangat di butuhkan kebersamaan. Dukungan dan dorongan semua pihak, baik masyarakat, maupun instansi terkait. Karena tanpa demikian, semua yang dicita citakan untuk kemajuan masyarakat maupun daerah tidak akan terwujud sesuai dengan yang diharapkan.

“Kuncinya adalah komitmen dan kebersaman, sehingga program pemerintah yang telah ditetapkan bersama, akan berjalan maksimal dan baik. Tidak mungkin untuk mewujudkan kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat dapat dicapai tanpa ada kemauan dan dorongan serta dukungan masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut Suharman mengajak bahwa di hari besar Islam untuk satukan niat dan tekad. Untuk maju bersama meningkatkan kehidupan dan kemajuan Kabupaten Agam yang lebih baik. Sesuai dengan visi Agam terwujudnya Kabupaten Agam yang berkeadilan,inovatif, agamais yang beradat menuju Agam Mandiri Berprestasi yang Madani.

Lebih detail Suharman berharap, semua nagari di Kabupaten Agam agar terbangun kehidupan damai, sejuk dan kondusif. Kondusif dalam kaitan ekonomi (kesejahteraan meningkat), keamanan (kejahatan, narkoba, dll semakin menurun), dan kehidupan (sosial kemasyarakatan yang nyaman untuk semua pihak). “Itu barangkali diantara hal yang diharapkan, maka dari itu di perayaan tahun baru Islam ini dapat di jadikan momen untuk motivasi dan intropeksi,” paparnya.

Sementara dalam acara tablik akbar perayaan tahun baru Islam di Masjid Agung Nurul Falah Padang Baru Lubuk Basung,  Selasa, 4/10/2016, Bupati Agam Indra Catri yang diwakili Asisten III, Mulyadi mengatakan bahwa tablig akbar ini mempunyai makna yang sangat mendalam dan mendasar memperkuat jati diri.  “Kita sebagai umat muslim harus berbuat menuju kehidupan yang lebih baik. Disamping itu juga bisa dijadikan untuk motivasi dan intropeksi diri,” ujarnya.

Diharapkan kedatangan tahun baru Islam ini, lebih mampu meningkat diri dan kehidupan yang lebih dari sebelumnya. “Apalagi, tantangan kehidupan ke depan semakin berat dan sulit dan kompleks,” tuturnya.

Kedatangan tahun baru Islam ini memberikan hikmah yang sangat mendalam. Untuk itu, sebagai umat muslim, bisa mentransformasi kehidupan sehari hari ke arah yang lebih baik. “Kita tahu bahwa perayaan yang dilaksanakan ini adalah untuk memotivasi, intropeksi dan memperbaiki diri,” papar Mulyadi yang juga dihadiri para pegawai, Kepala bagian dan seluruh SKPD Agam.

Salah seorang tokoh muda Hendra Satri usai shalat Asar di masjid Nurul Iklas Talago Permai mengatakan bahwa dengan datang hari besar Islam, selaku hamba Allah hendaknya bermuhasabah. Yakni, mengingat diri, mengukur serta intropeksi terhadap perbuatan yang telah lakukan selama ini. “Yang kedua tentu mari kita hijrah kepada yang lebih baik. Tingkatkan amal ibadah dan ketakwaan kepada Allah SWT,” ujarnya.

“Sebelumnya berprilaku kurang baik dengan datangnya hari besar Islam menjadi lebih baik dan taat. Mudah mudahan momen tahun baru hijriah ini dapat menyadarkan diri kita masing masing,” ujar Hendra S.

IRMAN NAIM

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pertamina Tambah Pertashop, Masyarakat Sumbar Merasa Terbantu

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh ketersedian Bahan Bakar Minyak (BBM), PT Pertamina ...