Depan - Berita Pilihan - H.Riyan, dari Usaha Rumah Makan ke Kursi DPRD
Dipandu oleh Ketua DPRD Mardiansyah, H.Yandra Yane, SE mengucapkan sumpah dan janji sebagai Anggota PAW DPRD Kota Padang Panjang 2019-2024
Dipandu oleh Ketua DPRD Mardiansyah, H.Yandra Yane, SE mengucapkan sumpah dan janji sebagai Anggota PAW DPRD Kota Padang Panjang 2019-2024

H.Riyan, dari Usaha Rumah Makan ke Kursi DPRD

Print Friendly, PDF & Email

Padang Panjang, Spirit Sumbar – Diwarnai semaraknya pajangan karangan bunga ucapan selamat, H.Yandra Yane, SE mengucapkan sumpah dan janji sebagai pengganti antar waktu (PAW) Anggota DPRD Kota Padang Panjang periode 2019-2024 di gedung wakil rakyat kota itu, Senin (3/8) lalu.

Tampak hadir pada rapat pleno yang dipimpin oleh Ketua DPRD Mardiansyah itu antaralain Gubernur Sumbar diwakili Kabiro Pemerintahan, Iqbal Ramadi Payana; Walikota Padang Panjang, Fadly Amran; Wakil Walikota Asrul, anggota Forkopimda; para Ketua KAN; unsur Parpol dan sejumlah pejabat Eselon-II Pemko.

H.Riyan, sapaan Yandra Yane, SE, menggantikan Erizal, SH yang meninggal dunia pada Mei 2021 lalu. Kini 4 kursi anggota di Fraksi PAN – DPRD Kota Padang Panjang sudah kembali terisi penuh. Mereka terdiri Mardiansyah (Ketua DPRD), Hukemri (Ketua Komisi-I), Zulfikri, SE (Wakil Ketua Komisi-II), dan Yandra Yane,SE.

Pertanyaan yang tersisa, dua jabatan strategis yang tadi dipegang oleh alm. Erizal di DPRD Kota Padang Panjang yakni sebagai Ketua Bapem Perda dan Ketua Fraksi-PAN siapakah yang bakal memikulnya ke depan. Adakah kemungkinan kedua posisi itu atau salah satunya bakal dipikulkan kepada Yandra Yane?

Terlepas siapa yang bakal menyandang 2 jabatan itu nanti, yang jelas Ketua DPRD Mardiansyah menyampaikan ucapan selamat kepada Yandra Yane. Selamat jadi Anggota DPRD Kota Padang Panjang dan selamat melaksanakan tugas legislatif dengan sebaik-baiknya, katanya.

Sedang terhadap alm.Erizal yang digantikan oleh Yandra Yane, Ketua DPRD Mardiansyah  menyampaikan ucapan belasungkawa atas kepergiannya menghadap Illahi pada Mei 2021 lalu. Kita mendoakan beliau semoga ditempatkan di sisi Allah SWT. Kita berterimakasih atas jasa dan pengabdiannya terutama sebagai wakil rakyat.

Ucapan selamat yang kurang-lebih senada untuk H.Riyan juga disampaikan oleh Walikota Fadly Amran lewat sambutan singkatnya. Berikut ucapan belasungkawa atas kepergian Erizal. Dan terimakasih serta penghargaan atas jasa-jasa dan pengabdian politikus senior itu sebagai Anggota DPRD kota tersebut.

Sementara itu Gubernur Sumbar, Mahyeldi lewat Kabiro Pemerintah, Iqbal Ramadi Payana, antaralain menyampaikan dewasa ini jadi anggota DPRD memiliki tantangan tidak ringan. Sebagai wakil rakyat, anggota DPRD harus siap menjembatani kepentingan rakyat dengan pemerintah dan sebaliknya.

Dalam menjembatani aspirasi rakyat dengan pemerintahan, seorang Anggota DPRD hendaknya juga bisa membantu mencarikan solusi yang baik. Sebab, pemerintah tidak mungkin bisa sukses dalam menjalankan tugasnya (yakni di pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan) tanpa peran/dukungan DPRD.

H.Yandra Yane, SE, kini Anggota DPRD Kota Padang Panjang
H.Yandra Yane, SE, kini Anggota DPRD Kota Padang Panjang

 

Presentasi Kaula Muda

H.Riyan, lulusan S1 Ekonomi UBH Padang itu, terlihat lancar mengucapkan sumpah dan janji yang dipandu oleh Ketua DPRD Mardiansyah. Juga tampak luwes bertegur-sapa dengan para pejabat, anggota Forkopimda dan seniornya di DPRD. Dia, terkesan bukan seperti orang baru hadir di panggung politik daerah.

Lahir di Padang Panjang pada 16 April 1982 dari buah pernikahan Afri – Yudiarnis, pendidikan Riyan dari TK, SD, SLTP sampai SLTA berlangsung di kota ini. Baru saat kuliah pindah ke luar daerah, yakni ke Kota Padang mengikuti program S1 Studi Manajemen pada Fekon-Universitas Bung Hatta (UBH) Padang.

Tamat kuliah, Riyan ikut jejak orang tuanya di usaha warung nasi. Dia buka usaha warung nasi PKL merek; Tanpa Nama di Jalan Imam Bonjol Pasar Padang Panjang. Saat Pemko memindahkan pasar kuliner dari pasar ke Terminal Kantin, usaha Riyan juga ikut pindah dan mulai menyewa kedai di Pasar Kuliner baru itu.

Pada Pemilu Legislatif 2019, H.Riyan ikut calon anggota legislatif lewat Partai PAN. Hasilnya, PAN dapat 4 kursi di DPRD. Riyan sendiri dapat suara tiga terbanyak di Dapil Padang Panjang Barat (PPB), belum lolos ke DPRD. Tapi dia tetap bersyukur, sebagai anak muda dan baru masuk ke dunia politik bisa masuk tiga besar di PPB.

Belakangan, menyusul wafatnya salah seorang anggota F-PAN DPRD Kota Padang Panjang, yakni Erizal pada Mei 2021 lalu, DPW-PAN Sumbar mengusulkan nama Yandra Yane kepada KPUD kota ini sebagai pengganti. Hal itu sesuai urutan perolehan suara Yandra dari Dapil PPB pada Pemilu Legislatif 2019.

Usulan dari DPW-PAN Sumbar itu, seperti diungkap oleh Sekretaris DPRD Zulkifli, Senin (3/8), sampai ke DPRD Kota Padang Panjang. Terus, DPRD menaikkannya ke Gubernur Sumbar lewat Walikota setempat. Hasilnya, Gubernur lewat SK No.171/2021 setuju PAW Anggota DPRD Kota Padang Panjang 20192-2021 dari alm.Erizal,SH kepada Yandra Yane,SE.(yet/jym).–

Profil Yetti Harni

mm

Baca Juga

Bertekad Tetap Informatif, Pessel Gelar Bimtek Pemeringkatan untuk PPID Pembantu

SPIRITSUMBAR.com, Painan – Agenda besar tahunan yang dilakukan oleh PPID Utama Kabupaten Pesisir Selatan (Kab.Pessel) ...