Senin , 28 September 2020
Beranda - Info Terkini - Gusmal Tinjau Kampung Tageh Rumah Gadang Talang Babungo
Bupati Solok, Gusmal kunjungi Nagari Tageh Talang Babungo

Gusmal Tinjau Kampung Tageh Rumah Gadang Talang Babungo

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com,Talang Babungo– Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM beserta Forkopimda meninjau produksi UMKM dan posko kesehatan sebagai kesiapan Kampuang Tageh Rumah Gadang dalam penanggulangan Covid-19 di Nagari Talang Babungo Kecamatan Hiliran Gumanti.

Selain Bupati Solok, kunjungan Kampung Tageh itu juga diikuti Kapolres Solok Arosuka AKBP Azhar Nugroho serta Askoor Bidang Eksbangkesra Medison, Kadis Pertanian Siis, SP, Kepala DPMN Ferisnovel, Kabag Humas Syofiar Syam, S.Sos, M.Si, Camat Hiliran Gumanti Romi Hendrawan, Wali Nagari Talang Babungo, Hafizur Rahman, Forkopimcam Hiliran Gumanti dan Kepala SKPD Terkait di lingkungan Pemkab Solok.

Pada kesempatan itu Bupai Solok,Gusmal meminta penggiat UMKM yang ada di Nagari Talang Babungo untuk terus berproduksi meskipun situasi pasar akhir akhir ini cendrung lesu. Setidak tidaknya UMKM memproduksi barang untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal.

Kemudian Bupati beserta rombongan melanjutkan peninjauan ke posko kesehatan sebagai kesiapan Kampuang Tageh Rumah Gadang dalam penanggulangan Covid-19 di Nagari Talang Babungo Kecamatan Hiliran Gumanti.

Saat melakukan peninjauan tersebut, Bupati Solok H. Gusmal berpesan kepada seluruh masyarakat Kampuang Tageh Rumah Gadang Nagari Talang Babungo untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dalam setiap aktivitas yang dilakukan setiap harinya.

Sementara itu Kapolsek Hiliran Gumanti Iptu Azirman mengatakan, Kampung Tageh Rumah Gadang Covid-19 di Jorong Tabek, Nagari Talang Babungo, Kecamatan Hiliran Gumanti ini menitik beratkan pada empat aspek yang menjdi program ketahanan pangannya, diantaranya bidang kesehatan yang terdiri dari pembentukan posko kesehatan dan penerapan pola hidup sehat.

Kemudian, bidang sosial ekonomi dilihat dari pembangunan softskill ketahanan pangan. Lalu bidang keamanan yang dilihat dari penerapan SOP penanggulangan kejahatan ringan dan pendirian pos keamanan untuk meningkatkan sistem keamanan kampung. Selain itu juga membentuk masyarakat akan waspada bahaya Covid-19, membangun solidaritas antar warga yang bertujuan untuk memutus mata rantai Covid-19, dan meminimalisir dampak sosial ekonomi karena Covid-19.

“Kampung tangguh ini memiliki konsep ketahanan pangan yang akan dapat di panen dibawah umur 90 hari,” terang Iptu Azirman. Intinya kata Azirman, pemerintah Nagari Talang Babungo siap mendukung pelaksanaan program Kampung Tageh tersebut, dengan meminta kepada camat, walinagari beserta perangkat nagari dan Forkopincam terkait untuk membantu dalam menjalankan program tersebut. (L 10 NY)

Tentang Eri Satri

mm

Baca Juga

Pameran Bunga Bonsai Pikat Masyarakat Dharmasraya

SPIRITSUMBAR.COM, Dharmasraya – Untuk melestarikan dan menambah pengasilan di masa pandemi covid 19, Ikatan Pencinta ...