Beranda - Info Terkini - Gusmal Harapkan Perantau Kabupaten Solok Jadi Warga Kelas Satu
Bupati Solok, Gusmal mengukuhkan kepengurusan DPD PKKS Provinsi Riau

Gusmal Harapkan Perantau Kabupaten Solok Jadi Warga Kelas Satu

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com,Pekanbaru– Perantau Kabupaten Solok di Provinsi Riau, diharapkan menjadi warga Kelas 1 (satu) atau yang terbaik di Propinsi Riau, baik dalam Hal Kualitas maupun Kontribusi yang diberikan dalam Pembangunan. Disamping itu, perantau Kabupaten Solok tidak boleh melupakan kampung halaman, bagaimanapun sibuknya di rantau, bagaimanapun kondisinya, sebaiknya menyediakan waktu untuk Keluarga dan kampung halaman.

Hal itu diungkapkan Bupati Solok, Gusmal Dt Rajo Lelo saat pengukuhan pengurus DPD Perkumpulan Keluarga Kabupaten Solok (PKKS) Provinsi Riau di Sekretariat DPD PKKS di lantai 2 (dua) gedung SMK TELKOM Kelurahan Bina Widia Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru.

“Perantau Kabupaten Solok di Provinsi Riau, harus menjadi warga Kelas 1 (satu) atau yang terbaik di Propinsi Riau, baik dalam hal kualitas maupun kontribusi yang diberikan dalam pembangunan,”ujar Gusmal.

Diingatkannya, seperti kata pepatah, dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung, artinya orang Minang senantiasa menyesuaikan diri dan ikut berpartisipasi secara aktif dimana saja ia berada.

Pada kesempatan itu, Gusmal mengucapkan selamat kepada saudara Faisal sebagai ketua DPD PKKS  Propinsi Riau periode 2020 – 2025. Sekaligus mengingatkan bahwa Sebagai organisasi yang mewadahi warga Kabupaten Solok di Propinsi Riau, diharapkan PKKS bisa memberikan Kontribusi yang nyata terhadap warga Kabupaten Solok. Kontribusi itu bisa berupa, mencari atau menciptakan lapangan kerja, menjalin dan menjaga Hubungan Silaturahmi,  meningkatkan Potensi ekonomi,  meningkatkan kualitas SDM dan menjadi masyarakat yang Produktif.

Agar kontribusi itu lebih maksimal, maka disarankan dalam menyusun rapat kerja PKKS, hendaknya diinventarisir tentang keberadaan, profil dan aktifitas seluruh warga Kabupaten Solok yang ada  di Propinsi Riau. Kemudian ketahui dengan pasti  apa yang menjadi program dan kegiatan Pemerintah Propinsi Riau dan Kota Pekanbaru. Dan ketahui juga apa yang menjadi program dan kegiatan Pemerintah Kabupaten Solok. Kesemuanya ini diramu dan dirancang untuk selanjutnya dijadikan sebagai Acuan dan Pedoman dalam menyusun program kerja organisasi DPD PKKS Propinsi Riau.

Ditambahkan Gusmal, bagi Pemerintah Kabupaten Solok, Perantau merupakan Asset yang perlu jadi perhatian dan pembinaan karena selain sebagai salah satu wadah silaturahmi antara sesama warga di perantauan juga sebagai sarana untuk melakukan kontribusi dalam  membangun kampung halaman.

Hal senada juga diungkapkan Ketua DPD PKKS Riau H.M. Faisal, S.Pd, M.Pd. Diharapkannya keberadaan organisasi PKKS ini menimbulkan sinergitas yang baik antara warga perantauan dengan kampung halaman, khususnya dalam rangka kontribusi terhadap Pembangunan, sumbangsih pemikiran dan perkembangan kampung halaman.

“DPD PKKS sudah lama berdiri namun belum begitu eksis dan Alhamdulillah dengan pengukuhan oleh Bupati Solok ini akan menambah semangat kami dan bisa berbuat lebih baik untuk warga dan kampung halaman,”ujarnya. (L 10 NY)

Tentang Eri Satri

mm

Baca Juga

Dua Ranperda Usul Prakarsa DPRD Sumbar Masuk Propemperda Provinsi Sumbar tahun 2020

Spiritsumbar.com, Padang – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat menggelar rapat paripurna penetapan ...