Sabtu , 18 September 2021
Depan - Sumbar - Agam - Guru TPQ Koto Rantang Ikut Pelatihan Demi Tingkatkan Kapasitas dan Kualitas Pendidikan

Guru TPQ Koto Rantang Ikut Pelatihan Demi Tingkatkan Kapasitas dan Kualitas Pendidikan

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Agam – Untuk Meningkatkan kualitas dan kapasitas guru dalam mengajar Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Agam menggelar pelatihan bagi guru-guru Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) di Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Senin (22/2/2021).

Tujuan dari pelatihan ini adalah meningkatkan kualitas dan kapasitas guru dalam mengajar serta upaya melahirkan pembelajaran Al Qur’an yang berkualitas dan baik.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Palupuh, Hizra mengatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk peningkatan kualitas dan kapasitas para guru TPQ dalam mengajar. Sehingga hasil pendidikan yang diberikan pada siswa lebih baik lagi.



Acara pelatihan yang diikuti 14 orang guru TPQ dan berlangsung selama 5 hari ke depan.

“Untuk Kecamatan Palupuh Pelatihan kepada guru TPQ di Nagari Koto Rantang ini adalah yang pertama,” paparnya.

Dalam penyampaiannya, Wali Nagari Koto Rantang, Mairefni mengatakan bahwa di tahun 2021 Nagari sudah menganggarkan dana untuk pelatihan. Selain itu juga ada bantuan insentif bagi guru TPQ. Kepada masing-masing guru se Nagari Koto Rantang mendapat Rp250 ribu tiap bulannya jelasnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam diwakili Kasi PDPP Kementerian Agama, H. Yunaldi kita sangat mengapresiasi pelatihan yang diberikan terhadap guru TPQ tersebut.

“Kami mengucapkan banyak berterimakasih kepada Pemerintahan Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh yang telah menganggarkan dana untuk pelatihan guru TPQ di wilayah Palupuh paparnya saat membuka acara pelatihan secara resmi,” ujarnya.

Lebih lanjut dia sampaikan bahwa pihaknya berharap kualitas guru TPQ di daerah setempat semakin meningkat dan baik. Sehingga menghasilkan anak didik yang berkualitas dan baik.

Dalam acara pelatihan terhadap guru TPQ itu dihadiri oleh semua unsur Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Palupuh Hizra, Kecamatan Palupuh di hadiri Mulyadi, Wali Nagari Koto Rantang Mairefni, Wali Jorong se Nagari Koto Rantang, Kasi Kesejahteraan Nagari Koto Rantang Tri Ilham dan guru TPQ se Nagari Koto Rantang.

Sementara sebagai pemateri pelatihan tersebut adalah H. Yunaldi tentang Manajemen TPQ. Hizra tentang Metode Pengajaran guru TPQ. Supardi tentang Tahsinul Qur’an. Jarnaini tentang Ilmu Tajwid, Irama Praktis, Metode Tahfizul Qur’an, dan Mulyadi tentang Panduan Kurikulum TPQ. Acara tersebut di hadiri semua unsur lapisan masyarakat dan pemerintah.  (Irman Na’im)

Tip & Trik

loading…


 

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

DPRD Sumbar Gelar Rapat Paripurna Nota Pengantar APBD-P 2021

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Setelah DPRD dan Pemprov Sumbar menyepakati KUPA-PPAS pada 13 September 2021 lalu, ...