Minggu , 26 September 2021
Depan - Pendidikan - Apresiasi - Guru SMK 1 Koto Baru Pelatihan ke Jepang

Guru SMK 1 Koto Baru Pelatihan ke Jepang

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com – Satu orang guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK-N 1 Koto Baru Dharmasraya)mengikuti Pelatihan Guru ke luar negeri pada Februari – Maret 2019, yaitu Hermayani,S.Pt.

Hermayani merupakan bagian dari 1200 orang Guru dan Tenaga Kependidikan dari seluruh Indonesia melaksanakan pelatihan ke luar negeri yang dilepas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendi di Jakarta.

Hermayani
Hermayani

Kegiatan pelepasan ini diadakan di Gedung A Kemdikbud, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Supriano dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini tindak lanjut dari program Kemdikbud yang akan melatih 1.200 orang Guru dan Tenaga Kependidikan dari 34 provinsi se Indonesia ke luar negeri dalam rangka percepatan program revitalisasi SMK bidang peningkatan sumber daya guru dan tenaga kependidikan.

“Pelatihan di luar negeri bagi Guru dan Tenaga Kependidikan ini akan dilaksanakan di 6 negara yaitu Jepang, Singapura, Thailand, China, Korea Selatan, dan Belanda selama lebih kurang satu bulan sesuai kompetensi masing-masing guru dan tenaga kependidikan tersebut,” ujarnya.

Bagi SMK-N 1 Koto Baru ini merupakan tahun ke-1 atau perdana sejak 2017 bagi guru-guru bidang produktif memperoleh kesempatan untuk meningkatkan Kemampuan dan Kompetensinya di luar negeri. Pada tahun 2019 ini, perdana SMK-N 1 Koto Baru atas nama Hermayani,S.Pt bidang peternakan pelatihan ke Jepang.

Muhadjir mengharapkan agar para peserta dapat mengikuti kegiatan pelatihan dengan serius dan sungguh-sungguh. Gunakan kesempatan ini untuk berlatih dan menyerap berbagai ilmu dan keterampilan sebanyak-banyaknya. Sehingga saat kembali ke tanah air nantinya dapat diaplikasikan dan dimbaskan di tempat kita bertugas.

Sebelum diberangkatkan ke Jepang  diberikan pembekalan selama 5 hari dI Jakarta demi menyiapkan segala bahan dan dokumen yang dibutuhkan ketika pelatihan nanti diluar negeri berlangsung.

Kepala SMK N 1 Koto Baru , Taufik Hidayat Suwanda,SP,M.Eng, menyampaikan, rasa syukur dan terima kasih kepada Kemdikbud yang telah memilih dan memberi kesempatan kepada guru SMK yang dia pimpin untuk menambah ilmu di luar negeri.

Ia juga berterima kasih kepada Dinas Pendidikan Sumatera Barat  yang secara terus menerus mendukung SMK-N 1 Koto Baru dalam meningkatkan mutu pendidikan dalam segala bidang. Salah satunya peningkatan sumber daya guru dan tenaga kependidikan.

Kemudian, kepada Hermayani,S.Pt dia mengucapkan selamat dan berpesan supaya dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin.  Sehingga dapat mengikuti pelatihan ini dengan lancar dan baik.

“Semoga memperoleh ilmu yang berguna dan bermanfaat yang dapat ditularkan kepada guru-guru lainnya serta siswa SMKN 1 Koto Baru demi suksesnya program Revitalisasi,” ujarnya. (Feri Fren)

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Novrianto

Ughang Piaman di Padang Cari Pemimpin

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Ughang Piaman di Kota Padang sambuah alah banyak e. Nah untuk menguatkan ...