Senin , 28 September 2020
Beranda - Berita Pilihan - Guru MTsN 4 Pasaman Perdalam Ilmu di Era New Normal
Suasana lokakarya MTsN 4 Pasaman
Suasana lokakarya MTsN 4 Pasaman

Guru MTsN 4 Pasaman Perdalam Ilmu di Era New Normal

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Pasaman – MTsN 4 Pasaman terus mengasah kemampuan dalam pembelajaran. Malahan di hari kedua, Selasa, (11/8/2020) lokakarya lebih menitik beratkan pada strategi guru dalam pembelajaran era new normal, baik berupa daring ataupun luring.

Pada lokakarya hari kedua, narasumber, Feri Fren, dengan gaya khasnya menyampaikan berbagai strategi dan kiat proses pembelajaran di era new normal.

Feri Fren yang sudah malang melintang dalam memberikan materi terkait peningkatan mutu dan kualitas pembelajaran serta peningkatan mutu sekolah atau madrasah. Bahkan dia mampu mengipnotis para guru yang membuat suasana semakin hangat.

Materi yang disuguhkan sangat apik itu, menuntut produk akhir berupa media pembelajaran serta perangkat seperti RPP dan juga Handout.

Di kesempatan itu, Feri Fren, juga membagikan trik agar pembelajaran luring yang sedang dilaksanakan oleh siswa MTsN 4 Pasaman, agar tidak monoton dan lebih bermakna. Melalui aplikasi berupa Mind Mapping dan juga Bandicam, guru MTsN 4 Pasaman mencoba menyajikan media pembelajaran yang lebih menarik bagi siswa terutama selama BDR (Belajar Dari Rumah) selama era new normal.

Lebih lanjut dia menyatakan, bahwa untuk meningkatkan SDM guru sebagai ujung tombak dalam pembelajaran, harus diimbangi kemauan dan kemampuan guru untuk terus berlatih dan mengembangkan diri seperti mengikuti kegiatan workshop atau lokakarya seperti yang sedang dilaksanakan hari ini, terangnya.

Sebab, bagaimanapun duduk bersama dan saling berbagi ide, terbukti jauh lebih efektif dibandingkan sekadar mengikuti webinar melalui virtual terutama selama masa pandemi beberapa bulan terakhir.

Tak hanya sampai disitu, produk berupa video pembelajaran, RPP dan handout yang telah dibuat oleh guru dalam rentang setengah hari ini, juga dikupas tuntas guna mendapatkan masukan agar bisa disempurnakan lagi dan siap disajikan nantiya kepada siswa.

Bahkan diakhir pertemuan, Feri Fren juga membagikan software berupa kartun animasi yang bisa dipelajari dan dicobakan oleh guru MTsN 4 Pasaman. Sehingga media pembelajaran yang ditampilkan nanti lebih variatif.

Bahkan sebagai penyemangat dan apresiasi, Feri Fren menyiapkan 3 hadiah bagi 3 mapel yang menghasilkan produk akhir paling bagus dimana mapel terpilih setelah penjurian yaitu kelompok mapel IPA, Matematika dan Bahasa Indonesia

Kepala MTsN 4 Pasaman, Hj. Raflis sangat mengapresiasi semangat guru guru MTsN 4 Pasaman yang bahkan merekam video pembelajaran dengan menyebar secara berkelompok per bidang studi di lokasi dan ruang kelas madrasah yang kosong.

“Melalui lokakarya ini kita mengharapkan adanya peningkatan mutu dan kualitas SDM tenaga pendidik MTsN 4 Pasaman. Sehingga, meskipun saat ini siswa kita belajarnya dari rumah, namun tidak mengurangi kebermaknaan proses belajar dan mengajar,” ujarnya.

Menjadi guru pada zaman sekarang harus lebih kreatif dan inovatif, dan harus mengakrabkan diri dengan perangkat IT. Tenaga pendidik yang berkualitas, akan menjadikan madrasah kita menjadi madrasah hebat dan bermartabat. Dan itu semua, tak terlepas dari usaha kita bersama.

“Usaha yang terus menerus dan berkesinambungan dalam meningkatkan SDM antar civitas akademik MTsN 4 Pasaman. Dan diharapkan, produk yang Bapak/Ibuk pelajari lewat lokakarya hari ini seperti video pembelajaran dan handout, bisa langsung kita gunakan pada kegiatan pembelajaran luring mulai Senin depan” urainya panjang lebar.

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pameran Bunga Bonsai Pikat Masyarakat Dharmasraya

SPIRITSUMBAR.COM, Dharmasraya – Untuk melestarikan dan menambah pengasilan di masa pandemi covid 19, Ikatan Pencinta ...