Depan - Pendidikan - Artikel - Guru Harus Tahu
Feri Fren
Feri Fren

Guru Harus Tahu

Print Friendly, PDF & Email

Guru memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Selanjutnya guru dapat mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda. Guru mencoba mengetahui penyebab penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta diidik lainnya.

Seorang guru juga diminta harus bisa mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik, serta guru memperhatikan peserta didik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta didik tersebut tidak termarginalkan seperti tersisihkan, diolok-olok, minder, dibully, dan lain sebagainya.


Sebagai contoh dalam bentuk implementasinya di kelas, guru harus bisa menempatkan tempat duduk peserta didik sesuai dengan indikator diatas. Peserta didik yang badannnya besar atau tinggi mungkin di dudukkan di bagian belakang karena badannya bisa menghalangi pandangan peserta didik yang duduk di belakangnya.

Demikian sebaliknya, peserta didik yang kecil badannya tentu duduknya di depan. Peserta didik yang matanya kabur sebelah kiri didudukkan di bagian kiri. Peserta didik yang telinganya kurang mendengar dibagian sebelah kanan di dudukkan di sebelah kanan.

Apabila seorang guru bisa memahami karakteristik dari masing-masing peserta didiknya serta mengimplementasikannya dengan baik dan benar, tentu peserta didik akan merasa senang dan nyaman dalam belajar. Akan terciptalah suasana belajar yang menyenangkan, kualitas pembelajaran dan mutu lulusan akan dapat ditingkatkan.

Mengapa tidak, karena hati peserta didik sudah senang untuk belajar. Demikian sebaliknya, kalau hati peserta didik tidak senang untuk belajar, betapapun mudahnya materi pelajaran yang disampaikan guru, tentu akan sulit diterimanya.

<<< Sebelumnya

Selanjutnya >>>

Tip & Trik

loading…


Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Padang Lakukan Penyekatan PPKM dari RT Hingga Kelurahan

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV harus diimbangi dengan pengawasan ...