Beranda - Headline - Gunakan TCM-TB, Pemerintah Bakal Lakukan Pemeriksaan Secara Masif
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto

Gunakan TCM-TB, Pemerintah Bakal Lakukan Pemeriksaan Secara Masif

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Jakarta – Mesin Tes Cepat Molekuler untuk TBC (TCM-TB) sudah bisa digunakan untuk pemeriksaan Covid-19. Pemerintah telah mendatangkan 1.500 cartridge khusus Covid-19 itu dan sudah di distribusikan ke daerah.

“Ini (cartridge Covid-19) sudah kami distribusikan untuk memperpendek waktu tunggu pemeriksaan spesimen,” kata Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto, Senin (4/5/2020).

Sebanyak 1.500 cartridge tersebut telah didistribusikan ke Sukabumi, Banyumas, Kediri, Lumajang, Palangkaraya, Balikpapan, Kendari, Sumbawa, Mimika, Merauke, Yapen, Sorong, Ternate, Tarakan, dan Nunukan.

Fase pertama distribusi cartridge itu, lanjut dr. Achmad, tidak mungkin dikirimkan dalam jumlah banyak. Tapi pemerintah sudah mulai mengirimkannya ke daerah-daerah tersebut. “Ini adalah bagian dari upaya kita untuk meningkatkan pemeriksaan lebih banyak, lebih masif, dan nantinya akan disertai dengan isolasi yang lebih ketat,” ucap dr. Achmad.



Pemeriksaan Covid-19 dengan menggunakan mesin TCM-TB diprioritaskan bagi pasien dalam pengawasan agar bisa cepat ditentukan statusnya positif atau negatif. dr. Achmad menjelaskan apabila hasilnya konfirmasi positif maka ada dua hal yang harus dilaksanakan.

Pertama isolasi ketat disertai layanan kesehatan yang komprehensif, kedua penanganan dalam rangka kontak tracing. “Oleh karena itu, ini (pemeriksaan dengan mesin TCM-TB) yang perlu dilakukan dalam kaitan melaksanakan pemeriksaan secara masif,” ujarnya.

Selanjutnya >>> Pasien Sembuh Meningkat Sedangkan Meninggal Makin Kecil



 

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Bupati Solok Hadiri Upacara Hari Bhayangkara ke 74

Spiritsumbar.com, Arosuka – Bupati Solok,Gusmal SE MM menghadiri sekaligus ikut upara Hari Bhayangkara ke 74 secar Virtual ...