Minggu , 26 September 2021
Depan - Headline - Giliran Jenjang SMP Dilatih Kurtilas
LPMP Sumbar adakan pelatihan Bagi kepala sekolah induk cluster kurtilas jenjang SMP
LPMP Sumbar adakan pelatihan Bagi kepala sekolah induk cluster kurtilas jenjang SMP

Giliran Jenjang SMP Dilatih Kurtilas

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Penyempurnaan Kurikulum 2013 selalu saja dilaksanakan dengan tujuan untuk menyelaraskan antara ide, desain, dokumen, dan pelaksanaannya di lapangan. Semua penyempurnaan, terlebih dahulu harus dipahami oleh kepala sekolah dan semua guru,khususnya pada sekolah sasaran pelaksana kurikulum 2013 pada tahun pelajaran 2016/2017, agar implementasinya sesuai dengan yang diharapkan.

Menyikapi semua itu lembaga penjaminan mutu pendidikan (LPMP) Sumatera Barat sebagai pengelola di tingkat propinsi dalam hal melakukan penyiapan terhadap guru-guru sasaran kurikulum 2013, telah melatih guru sasaran (GS) sebanyak 6.030 orang sebagaimana yang disampaikan oleh kepala bidang fasilitasi peningkatan mutu pendidikan (FPMP) Drs. Irsad Sakti, SE.

Lebih rinci disampaikannya, jumlah guru yang telah dilatih untuk jenjang sekolah dasar (SD) sebanyak 3.217 orang, guru sekolah menengah pertama (SMP) 1.253 orang, guru sekolah menengah atas (SMA) 811 orang dan untuk guru sekolah menengah kejuruan (SMK) 749 orang. Pelaksanaan pelatihan sudah selesai dilakukan secara berkesinambungan pada akhir Juni kemaren.

Rangkaian kegiatan berikutnya adalah berupa pendampingan bagi guru-guru di sekolah imbas dari sekolah induk cluster dalam bentuk kegiatan in dan on. Dengan adanya pola pendampingan oleh induk cluster, diharapkan segala permasalahan yang ditemukan buru dilapangan di sekolah imbas akan bisa didiskusikan dan dicarikan solusinya secara bersama-sama dan tidak terjadi bias dalam pelaksanaannya.

Untuk itu, sebelum kegiatan pendampingan dilakukan, LPMP Sumatera Barat terlebih dahulu melakukan pelatihan bagi kepala sekolah yang ditunjuk sebagai induk cluster di daerahnya masing-masing.

Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 28 sampai 30 Juli 2016 yang bertempat di LPMP Sumatera Barat. Jumlah induk cluster untuk tingkat SMP pada tahun ini adalah sebanyak 64 buah. Semuanya itu berasal dari seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Barat.

FERI

iklan Bendera marawa ok

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Novrianto

Ughang Piaman di Padang Cari Pemimpin

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Ughang Piaman di Kota Padang sambuah alah banyak e. Nah untuk menguatkan ...