Selasa , 24 November 2020
Beranda - Berita Pilihan - Gerindra Siap Kawal Penguatan Peran Ninik Mamak pada Pemerintahan NA-IC
Calon Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit, bertemu dan berdiskusi dengan Warga Balun, Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan. (Dok : TM Pemenangan NA-IC)
Calon Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit, bertemu dan berdiskusi dengan Warga Balun, Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan. (Dok : TM Pemenangan NA-IC)

Gerindra Siap Kawal Penguatan Peran Ninik Mamak pada Pemerintahan NA-IC

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.COM, Padang – Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) nomor urut 2 dari partai Gerakan Indonesia Raya atau Gerindra Nasrul Abit, diharapkan akan mampu memperkuat peran Ninik Mamak apabila nanti diberikan amanah, terpilih dan dilantik menjadi Gubernur Sumbar 5 tahun ke depan.

Selama dua hari berkunjung ke Kabupaten Solok Selatan dalam rangka kampanye, hampir di setiap titik pertemuan dengan warga, Nasrul Abit menampung aspirasi dari Ninik Mamak.

Sebagian besar, meminta Nasrul Abit memberikan perhatian lebih dan memperkuat peran ninik mamak sebagai garda terdepan untuk mendidik anak kemenakan dan mencetak generasi penerus yang berakhlak mulia dan tetap berpedoman kepada adat istiadat.



Menurut Nasrul Abit, peran ninik mamak dalam lingkungan kemasyarakatan, sangat penting. Ninik mamak yang bersentuhan langsung dengan anak kemenakan. Maka dari itu, menyandang gelar Datuak Malintang Panai, menjadi seorang tokoh adat, sudah barang tentu ninik mamak akan lebih diperhatikan lagi.

“Ini sesuai dengan visi, misi, dan program kerja kami. Di poin lima tentang kemasyarakatan, kami akan memperkuat tata kehidupan sosial, ekonomi dan budaya berlandaskan falsafah adat basabdi syarak-syarak basandi kitabullah (ABS-SBK),” kata Nasrul Abit, Selasa 27 Oktober 2020.

Cagub Jagoan dari partai besutan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto itu menegaskan, jika nanti diberikan amanah oleh masyarakat, maka peran ninik mamak akan diperkuat lagi. Bahkan, untuk seluruh urusan yang menyangkut dengan adat dan istiadat serta budaya, diserahkan sepenuhnya kepada ninik mamak. Pemerintah, sifatnya hanya memfasilitasi dan mendorong peran ninik mamak.

Mario Syah Johan, Anggota Komisi IV DPRD Sumbar dari Fraksi Partai Gerindra menegaskan, terkait dengan aspirasi dari para ninik mamak yang disampaikan langsung kepada Nasrul Abit. Ditambah lagi sesuai dengan yang tercantum dalam visi, misi dan Program NA – IC, maka partai Gerindra akan siap mengawal bahkan mewujudkan aspirasi itu menjadi kenyataan.

Fraksi Gerindra di DPRD kata Mario, akan mendorong Nasrul Abit menerbitkan Peraturan Gubernur apabila nanti terpilih. Pergub itu, nantinya khusus diterbitkan mengucurkan dana untuk membantu ninik mamak menjalankan perannya.

“Nanti, kita akan dorong pak NA kalau sudah dilantik dan menjabat sebagai Gubernur, untuk menerbitkan Pergub sebagai landasan hukum atau regulasi untuk mengalokasikan anggaran untuk membantu ninik mamak,” kata Mario Syah Johan.

Mario menjelaskan, untuk sementara waktu yang paling memungkinkan adalah, alokasi dana desa (ADD). Karena, dana desa merupakan anggaran APBN yang langsung masuk ke desa-desa sesuai dengan UU desa.

“Nanti ADD ini dialokasikan untuk membantu kegiatan ninik mamak. Di sektor pemuda dan olah raga aja, bisa. Tentunya untuk kegiatan Ninik mamak juga bisa. Cuma kan selama ini tidak bisa diwujudkan karena belum ada regulasinya. Nah, melalui pergub itu lah nanti regulasinya,” tutur Mario Syah Johan. (rel/adv)

Tip & Trik

loading…


 

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pemerintah Kabupaten Dharmasraya terima hibah aset barang milik negara

Dharmasraya Terima Hibah KemenPUPR Senilai Rp 31,7 Miliar

SPIRITSUMBAR.COM, Dharmasraya – Pemerintah Kabupaten Dharmasraya terima hibah aset barang milik negara dari Direktorat Jenderal ...