Beranda - Headline - Galian C Mengintai Korban, Muhayatul Minta ESDM Sumbar Turun Tangan

Galian C Mengintai Korban, Muhayatul Minta ESDM Sumbar Turun Tangan

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Padang – Batas Kabupaten Pesisir Selatan – Kota Padang yang selama ini menjadi kebanggaan masyarakat. Tak sedikit mereka memanfaatkan rest area batas negeri seribu pesona tersebut untuk melepas penat sambil menikmati keindahan alam.

Namun, pesona tidak lagi seindah yang dibayangkan. Jika gerimis datang, jalanan bak kubangan lumpur. Pengendara, harus bekerja ekstra agar terhindar dari kecelakaan. Apalagi, jalan tersebut tanjakan dan tikungan.

Seperti yang terjadi Sabtu (25/7/2020) beberapa kendaraan roda dua mengalami slip dan nyaris mengalami kecelakaan lantaran licinnya jalan. Seperti yang dialami Spirit Sumbar saat menuju Kota Padang. Sisa hujan yang mengguyur lokasi tersebut, telah menimbulkan jalanan sangat licin.

Simak : Guru Positif Covid-19, Sekolah di Kota Pariaman Kembali Diliburkan 



“Sudah beberapa kendaraan yang terjerambab lantaran licinnya jalan. Mestinya saat hari, hujan mobil tanah itu tidak beroperasi. Penambang harus peduli, jangan hanya meraup untung saja,” ujar salah Putri, warga Siguntur yang kebetulan berada di lokasi tersebut.

Anggota DPRD Sumbar, Muhayatul juga kesal dengan kondisi yang terjadi. Mestinya, perusahaan tambang galian C itu juga memikirkan masyarakat banyak. “Perusahaan jangan kejar untung saja, keselamatan masyarakat harus juga dipikirkan. Salah satu langkah, dengan melakukan pengerasan pada jalan yang dilalui truk. Agar tidak membawa tanah sampai ke jalan raya,” ujar Putra Pesisir Selatan ini.

Simak : Sempat Terhenti, Vaksinasi Massal Rabies Dilanjutkan

Muhayatul yang juga Ketua Fraksi PAN DPRD Sumbar ini menegaskan, saat ini masyarakat yang nota bene warga Pesisir Selatan betul-betul merasakan dampak negatif akibat galian C tersebut. Saat hujan jalanan yang di lumuri lumpur itu akan sangat licin dan berdampak buruk bagi pengguna jalan terutama bagi masyarakat yang menggunakan sepeda motor, saat cuaca panas masyarakat pengguna jalan akan dihadapkan dengan debu akibat galian tersebut.



“Saya sebagai wakil rakyat dari dapil 8 menghimbau kepada gubernur untuk memerintahkan Dinas ESDM Sumatera Barat selaku yang memberikan izin terhadap galian C ini untuk turun ke lapangan dan meninjau kondisi tambang yang meresahkan masyarakat ini,” ujarnya.

“Sebagai Putera Pesisir Selatan saya sangat prihatin terhadap kondisi ini yang tentunya juga akan berdampak buruk terhadap kesehatan masyarakat Pesisir Selatan,” ujarnya.

Simak : Polisi Bekuk Pencuri Spesialis Sepeda Motor Antar Provinsi

Dia juga mengingatkan kepada pengusaha pemilik tambang agar memperhatikan keselamatan lingkungan dalam menjalankan usaha tersebut dan juga memperhatikan dampak negatif dari usaha yang di lakukan terhadap masyarakat.

Tip & Trik

loading…


Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

MTsN 4 Pasaman Gelar Lokakarya

Spiritsumbar.com, Pasaman – Guna meningkatkan kompetensi pegawai dan guru, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Pasaman, ...