“Gadizz Makkah” Menyongsong Pembelajaran Berdiferensiasi Abad 21

oleh

GeoGebra adalah software gratis yang dapat diperoleh (didownload) melalui internet dari situs GeoGebra.

Menurut Rusmining, M.Pd. dan Dian Ariesta Yuwaningsih, M.Sc. setidaknya ada 3 kegunaan GeoGebra, yaitu sebagai:

  1. Media Pembelajaran Matematika
  2. Alat Bantu membuat bahan ajar Matematika
  3. Menyelesaikan soal-soal matematika.

Model pembelajaran penyingkapan/penemuan (Discovery/Inquiry Learning) adalah memahami konsep, arti, dan hubungan melalui proses intuitif. Pada akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan.

Discovery terjadi bila individu terlibat. Terutama dalam penggunaan proses mentalnya untuk menemukan beberapa konsep dan prinsip. Discovery dilakukan melalui observasi, klasifikasi, pengukuran, prediksi, penentuan, dan inferensi.

Proses di atas disebut cognitive process. Sedangkan discovery itu sendiri adalah the mental process of assimilating concepts and principles in the mind.

Ada pun langkah kerja model pembelajaran Discovery Learning:

  1. Pemberian rangsangan (stimulation),
  2. Pernyataan/Identifikasi masalah (problem statement),
  3. Pengumpulan data (data collection),
  4. Pengolahan data (data processing),
  5. Pembuktian (verification),
  6. Menarik simpulan/generalisasi (generalization)

Quizizz adalah platform keterlibatan siswa yang memungkinkan guru untuk melakukan pelajaran dan kuis interaktif dengan siswa mereka . Kuis interaktif yang dibuat memiliki hingga 5 pilihan jawaban. Termasuk jawaban yang benar dan dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan.

Menarik dibaca