Minggu , 26 September 2021
Depan - Berita Pilihan - Fraksi DPRD PAN Pessel Sorot Penggunaan Anggaran
Penandatanganan Perda Pemerintahan Nagari oleh Wakil Ketua DPRD Pessel, Erpi Damson (Foto: Simon – Spirit Sumbar)
Penandatanganan Perda Pemerintahan Nagari oleh Wakil Ketua DPRD Pessel, Erpi Damson (Foto: Simon – Spirit Sumbar)

Fraksi DPRD PAN Pessel Sorot Penggunaan Anggaran

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) meminta Pemkab Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar) untuk meningkatkan pengawasan terhadap laporan penggunaan keuangan daerah.

“Pengawasan penggunaan keuangan daerah harus ditingkatkan, supaya lebih tetap sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Nuzirwan, Juru Bicara Fraksi PAN, Jumat (22/7/2016).

Perihal ini dikemukakan dalam Rapat Paripurna tentang Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi DPRD Kabupaten Pessel terhadap Nota Ranperda RPJMD Tahun 2016-2021 dan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2015, di Gedung Pertemuan setempat.

Secara prinsip, katanya, Fraksi PAN dapat menerima laporan yang dituangkan dalam dua ranperda tersebut. “Namun, perihal telaah dan pengawasan tetap harus lebih diperhatikan,” kata Nuzirwan.

Selain itu, dari sisi Ranperda RPJMD Tahun 2016-2021, lanjutnya, pihak Pemkab juga diminta lebih proaktif lagi. “Khususnya di bidang Pariwisata, Pemkab harus lebih gencar lagi dalam mencari akses baru, selain yang ada saat ini. Soalnya, potensi wisata yang ada masih banyak. Cuma terganjal akses jalan ke lokasi tersebut,” terang Nuzirwan.

Rapat Paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Pessel Epi Damson tersebut dimulai pukul 14:45 WIB, dan berakhir pukul 16.30 WIB.

Sebelumnya, Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni menerangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di tahun 2015 Rp1,376 triliun dari yang dianggarkan sebesar Rp1,364 triliun (realisasi 101,02 persen).

Hal ini dijelaskan dalam Rapat Paripurna DPRD tentang Penyampaian Nota Ranperda RPJMD Kabupaten Pesisir Selatan 2016 – 2021 dan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2015 di Gedung Pertemuan Pemkab setempat, Kamis (21/7/2016).

“Dari data ini, diketahui kalau realisasi pendapatan melebihi target semula. Dan, kelebihan pencapaian tersebut mencapai Rp12,677 miliar,” katanya.

Hendrajoni menambahkan, kalau dibandingkan dengan realisasi pendapatan di tahun 2014 justru naik sebesar Rp202,454 miliar.(kt)

Selanjutnya: Fraksi BPB DPRD Pessel Minta Pemkab Minimalisir Silpa

Sebelumnya   [ 1 ]   [ 2 ]   [ 3 ]   Selanjutnya

Cover The Public (terbit tiap Senin)
Cover The Public (terbit tiap Senin)

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Cabor Gantole, Sumbar Unggul 2 Ronde di Kategori Ketepatan Mendarat

SPIRITSUMBAR. com, – Sempat tertunda karena cuaca buruk pada pertandingan awal cabang olahraga (Cabor) Gantole ...