Minggu , 26 September 2021
Depan - Berita Pilihan - Firdaus Ilyas di Eksekusi, Azhar Latif Menunggu Giliran
ilustrasi korupsi

Firdaus Ilyas di Eksekusi, Azhar Latif Menunggu Giliran

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Tidak ingin berlama-lama, akhirnya Kejaksaan Negeri Padang, Sumatera Barat, mengeksekusi Firdaus Ilyas, yang saat ini menjabat Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kota Padang.

Firdaus Ilyas ditahan terkait kasus korupsi saat menjabat Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Kadispora) Kota Padang.  Putusan kasasi yang menyeret nama Firdaus Ilyas sebagai terpidana itu, adalah kasus korupsi dana retribusi fasilitas Gelanggang Olahraga H. Agus Salim Padang 2010.

Kepala Kejaksaan Negeri Padang, Syamsul Bahri  mengaku telah melakukan eksekusi terhadap Firdaus Ilyas, yang berstatus sebagai terpidana berdasarkan putusan kasasi Mahkamah Agung (MA) RI.

“Sebelum diantarkan ke Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Klas II A Muaro Padang, terlebih dulu  dilakukan pemeriksaan kesehatan, dan sejumlah pemrosesan administrasi terlebih dahulu,” ujar Syamsul Bahri di Padang, Jumat (15/7/2016).

Syamsul Bahri menyebutkan tidak ada upaya paksa dalam melakukan eksekusi Firdaus Ilyas. Lataran dia  datang memenuhi surat pemanggilan yang dikirimkan oleh pihak Kejari Padang pada 30 Juni 2016.

“Mekanisme eksekusi, pihak kejaksaan mengirimkan surat pemanggilan sebanyak tiga kali. Jika tidak dipenuhi baru dilakukan upaya paksa,” ujarnya.

Firdaus Ilyas divonis bebas pada pengadilan tingkat pertama Tindak pidana korupsi (Tipikor) Padang,  oleh hakim yang diketuai Irwan Munir, beranggotakan Hakim Mahyudin, dan Perri Dasmarera. Namun,  terdapat perbedaaan pendapat antar-anggota majelis (dissenting opinion). Dimana hakim anggota Perri Dasmarera, menilai bahwa Firdaus Ilyas harus dihukum. Hanya saja Firdaus Ilyas tetap bernafas lega, karena ada dua hakim yang menyatakan bebas.

Terhadap putusan itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Padang kemudian mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung Republik Indonesia. Mahkamah Agung dalam putusan kasasi, membatalkan putusan pengadilan tingkat pertama dan menyatakan bahwa Firdaus Ilyas bersalah, dan dijatuhi vonis satu tahun penjara, denda sebesar Rp50 juta, subsider tiga bulan kurungan.

Pihak Kejaksaan Negeri Padang mengatakan, juga akan melakukan eksekusi terhadap satu putusan kasasi kasus korupsi, atas nama Azhar Latif.

DATUAK

Spirit Sumbar
Spirit Sumbar

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Novrianto

Ughang Piaman di Padang Cari Pemimpin

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Ughang Piaman di Kota Padang sambuah alah banyak e. Nah untuk menguatkan ...