Beranda - Berita Pilihan - Dukung Belajar Daring, SMPN 1 Harau Sediakan Smartphone untuk Siswa
Kepala SMPN 1 Harau, M. Yusuf Lubis menyerahkan smartphone jenis tablet dan paket data pada para guru di sekolah tersebut
Kepala SMPN 1 Harau, M. Yusuf Lubis menyerahkan smartphone jenis tablet dan paket data pada para guru di sekolah tersebut

Dukung Belajar Daring, SMPN 1 Harau Sediakan Smartphone untuk Siswa

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Limapuluh Kota – Belajar Dalam Jaringan (Daring) telah menjadi masalah bagi orang tua peserta didik, terutama bagi kurang mampu. Mulai dari tak punya smartphone sampai masalah harga paket yang jauh lebih mahal dibanding kebutuhan pokok.

Namun, masalah itu tidak berlaku bagi orang tua, yang anaknya menempuh pendidikan di SMPN 1 Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat.

“Kita tidak hanya sediakan smartphone, para siswa juga diberi kesempatan menikmati Internet gratis,” ujar Kepala SMPN 1 Harau, M. Yusuf Lubis pada SpiritSumbar.com, melalui selulernya, Selasa, 21 Juli 2020.

Simak : Gaji ke-13 PNS Cair, Ini Besaran Tiap Golongan



Demi suksesnya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ratusan ponsel cerdas jenis tablet untuk siswanya disiapkan. Setidaknya, 328 smartphone jenis tablet sudah disiapkan sekolah.

“Ada 328 tablet yang sudah disiapkan untuk PJJ. Terutama untuk pembelajaran dalam jaringan. Tablet ini, dipakai oleh anak didik kita,” ujar aktifis mahasiswa era 1980 an ini.

Simak : Niat Hadiri Wisuda Sang Putri, Satu Keluarga Alami Kecelakaan

Dijelaskan Lubis, tablet tersebut sudah dilengkapi dengan kartu perdana serta paket internet sehingga smartphone tersebut bisa langsung dimanfaatkan oleh  anak didik secara gratis. “Tablet tersebut memang khusus untuk pembelajaran dan terhubung ke server induk di sekolah. Anak pun tidak bisa mengutak atik tablet ke aplikasi lain. Intinya sudah terkunci,” ujarnya.

Kemudian, katanya, sebanyak 328 tablet itu, hanya bisa digunakan di lingkungan  SMPN 1 Harau saja. “Kita sudah menyediakan rumah belajar di sekolah. Disana, anak-anak bisa belajar secara online,”katanya lagi.

Usai mengikuti pembelajaran secara daring , katanya,  tablet-tablet yang dipakai oleh anak didik dikembalikan lagi ke pihak sekolah. “Tablet yang disediakan, sifatnya pinjam. Usai pembelajaran, tablet dikembalikan lagi ke pihak sekolah,”ucapnya.



Simak : Dokter Dermawan Itu Sembuh Dari Covid-19

Menurut M Yusuf Lubis, proses pembelajaran secara daring tersebut, tidak terlalu kendala bagi anak-anak, terutama bagi keluarga yang kurang mampu dan kesulitan terhadap kepemilikan smartphone. “Smartphone yang disediakan, khusus bagi keluarga kurang mampu. Ini yang kita fasilitasi. Bagi anak-anak yang tidak memiliki smartphone, silahkan datang ke sekolah,”ucapnya.

Tak hanya terkait kepemilikan smartphone saja, bagi anak didik SMPN 1 Harau yang terkendala terhadap jaringan internet, sekolah tersebut juga sudah menyiapkan wifi gratis bagi anak didiknya. Selama mengikuti belajar daring, anak didik hanya bisa membuka aplikasi khusus Google Classroom. Pada aplikasi tersebut, anak didik bisa menyaksikan secara live guru yang sedang mengajar dan menonton video pembelajaran yang sudah disiapkan.

Kemudian, pada aplikasi tersebut, anak didik juga bisa menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan sesuai dengan kelas masing-masing.

Menariknya, semua guru juga mendapatkan tablet Samsung beserta paket data 17 gigabyte dari sekolah. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan pembelajaran daring dan luring. (Salih)

Tip & Trik

loading…


<<< Sebelumnya

Selanjutnya>>>



Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Simpan Sabu dan Ekstasi Dalam Kotak Rokok, Dua Pemuda pengangguran Diringkus Polisi

Spiritsumbar.com,Solok– Satuan Resnarkoba Polres Solok Kota  meringkus dua pemuda pengangguran yang menyimpan Narkotika jenis sabu ...