Minggu , 29 November 2020
Beranda - Berita Pilihan - Dropship, Bisnis Menguntungkan di Masa Pandemi
Seorang penjual dropship saat melayani pembeli (ilustrasi)
Seorang penjual dropship saat melayani pembeli (ilustrasi)

Dropship, Bisnis Menguntungkan di Masa Pandemi

Print Friendly, PDF & Email

Dropship adalah salah satu jenis usaha yang tidak perlu menggunakan banyak modal pada masa awal usaha. Cara kerja model bisnis ini, dengan menjadi perantara dari produsen atau supplier dan menjual barang tersebut kepada konsumen.

Dropship adalah salah satu jenis usaha yang tidak perlu menggunakan banyak modal pada masa awal usaha. Cara kerja model bisnis ini, dengan menjadi perantara dari produsen atau supplier dan menjual barang tersebut kepada konsumen.

Keuntungan yang didapat dari sistem bisnis online ini merupakan hasil selisih harga jual ke pembeli dengan harga beli dari produsen atau supplier, itulah mengapa usaha ini dapat dibilang tidak memerlukan modal yang besar.

Sekarang ini cukup dengan memiliki koneksi internet dan smartphone untuk membangun jalur komunikasi dengan produsen dan juga konsumen.



Komunikasi yang baik dengan supplier ataupun calon pembeli dan juga ketekunan untuk mencari pasar untuk barang apa yang dapat dijual, merupakan modal utama untuk memulai bisnis.

Tiga pihak yang terlibat dalam sistem bisnis online dropship ini adalah

  • Supplier/Produsen: merupakan pihak yang menyediakan barang yang dapat dijual oleh pihak dropshipper
  • Dropshipper: merupakan pelaku bisnis dropship yang merupakan jembatan antara produsen/supplier dengan calon pembeli
  • Pembeli: merupakan orang yang akan melakukan pembelian terhadap barang yang ditawarkan.

Dalam bisnis online dropship, dropshipper hanya bertindak sebagai perantara dimana dia meneruskan pesanan masuk dari pelanggan kepada produsen atau supplier barang, kemudian pengiriman barang akan dilakukan langsung oleh produsen namun dengan menggunakan nama dropshipper sebagai pengirim.

Hal ini mempermudah pemilik bisnis online karena tidak perlu mengeluarkan modal lebih untuk membeli barang terlebih dahulu atau mencari tempat untuk menyimpan stok barang.

Model bisnis modal kecil ini cocok untuk digunakan dalam bisnis online, karena selain modal yang tidak banyak dan kemajuan teknologi alat komunikasi yang sekarang semakin canggih, sangat memungkinkan bagi kita untuk melakukan pekerjaan ini di mana saja, selama kita memiliki akses internet dan perangkat yang mendukung.

Tip & Trik

loading…


 

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Wakil Ketua DPD RI Mahyudin dalam kegiatan FGD dengan tema "Implementasi Peran dan Tugas DPD RI Dalam Rangka Pemantauan dan Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah dan Peraturan Daerah" di Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah

Mahyudin: DPD RI Punya Peran Strategis Dalam Pembentukan Hukum Pusat dan Daerah

SPIRITSUMBAR.COM, Kalimantan Tengah – Wakil Ketua DPD RI Mahyudin mengatakan DPD RI memiliki peran yang ...