Minggu , 19 September 2021
Depan - Berita Pilihan - DPRD Padang Usulkan 4 Ranperda Inisiatif
Kantor DPRD Padang di Jalan Sawahan - Dok/Spirit Sumbar
Kantor DPRD Padang di Jalan Sawahan - Dok/Spirit Sumbar

DPRD Padang Usulkan 4 Ranperda Inisiatif

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – DPRD Padang mengajukan secara resmi, empat rancangan peraturan daerah (Ranperda) inisiatif, dalam sidang paripurna yang digelar Jumat (22/7/2016) sore. Keempat Ranperda itu yakni tentang Pelayanan Publik, Keamanan Pangan, Kawasan Hijau dan Kepariwisataan.

“Kita telah menyampaikan usul inisiatif ini dalam paripurna untuk kemudian ditanggapi Pemko Padang,” ungkap Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapem Perda) DPRD Padang, Faisal Nasir dalam rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Padang, Asrizal didampingi Erisman (ketua DPRD) dan Muhidi (wakil ketua DPRD).

Dikatakan Faisal Nasir, keempat Ranperda ini sangat menunjang dalam tata kelola pemerintahan kota. Contohnya, Ranperda tentang Pelayanan Publik. Dengan disahkannya Ranperda ini nanti, harap dia, SKPD terkait di Pemko Padang dapat memberikan pelayanan publik lebih maksimal lagi pada masyarakat.

Begitu juga halnya dengan Ranperda tentang Ruang Terbuka Hijau, yang diharapkan bisa meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Karena berfungsi sebagai sarana ekologi, estetika dan sosial masyarakat. “Kualiats lingkungan yang sehat , akan diperoleh dari ketersediaan ruang terbuka hijau yang memadai,” terangnya.

Sementara, Walikota Padang Mahyeldi Dt Marajo menilai, usulan Ranperda inisiatif DPRD ini, sesuai Pasal 73 Permendagri No 80 Tahun 2015. Menurut Mahyeldi, ada sejumlah poin yang perlu diperhatikan kembali dari usulan itu. Seperti, soal ketentuan penyidikan, regulasi yang berhubungan dengan pelayanan publik dan lainnya.

Selain itu, Mahyeldi juga mengharapkan, ketentuan pengawasan agar diperjelas, dengan memastikan SKPD penanggungjawabnya sert disesuaikan dengan SKPD yang ada di Pemko Padang. “Aturan yang dibuat, jangan sampai pula multi tafsir,” tegasnya.

DATUAK

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Rektor UM Sumbar Dr. Riki Saputra sedang menjelaskan perihal konferensi internasional ICoNTISH kepada para jurnalis dan peserta konferensi pers

Pertama Kali Digelar PT sejak Pandemi Covid-19, UM Sumbar akan Gelar Konferensi Internasional ICoNTISH

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Melakukan penelitian dan menulis merupakan sebuah kewajiban bagi seorang akademisi. Selain itu, ...