Beranda - Covid19 - DPRD Kota Padang Gelar Rapat Paripurna

DPRD Kota Padang Gelar Rapat Paripurna

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Padang – DPRD Kota Padang menggelar rapat paripurna penutupan masa sidang I dan pembukaan masa sidang II, Kamis malam, 30 April 2020.

Rapat paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani didampingi Wakil Ketua Arnedi Yarmen dan Sekretaris DPRD Kota Padang Hendrizal Azhar. Rapat paripurna tersebut dihadiri segenap anggota DPRD Kota Padang.

Sementara di pihak Pemerintah Kota Padang dihadiri oleh Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa dan segenap kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Juga terlihat pimpinan Forkopimda Kota Padang.

Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani mengatakan, untuk masa sidang II, DPRD Kota Padang akan membahas beberapa Ranperda inisiatif. “Ada tiga Ranperda inisiatif yang akan kami bahas, ditambah beberapa Ranperda yang diusulkan Pemko Padang,” ungkap Syafrial Kani.


Artikel Lainnya

loading…


Sementara itu, Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa pada kesempatan itu mengapresiasi dukungan DPRD Kota Padang selama ini kepada Pemerintah Kota Padang, termasuk dalam penanganan Covid-19 yang sedang mewabah di Kota Padang.

“Sejak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan pada Rabu, 22 April 2020, ternyata masih rendah pemahaman masyarakat kita dalam mentaati protokol kesehatan dan aturan PSBB ini,” ungkap Wawako.

Ia mengaku sudah melakukan beberapa kali peninjauan ke lapangan dan ikut mengedukasi masyarakat terkait pelaksanaan PSBB.

Rapat dengan Gugus Tugas

Usai rapat paripurna penutupan masa sidang I dan pembukaan masa sidang II, DPRD Kota Padang menggelar rapat dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Padang.

“Hingga hari ini, sudah 98 orang warga Kota Padang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Bahkan sudah 12 orang meninggal dunia,” ungkap Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani ketika membuka rapat dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Padang.

Syafrial Kani menegaskan, kondisi yang ada saat ini di Kota Padang sudah pada tingkat mengkhawatirkan. Untuk itu, dibutuhkan keseriusan dalam memutus mata rantai Covid-19 di Kota Padang. “Kersajama kita semua sangat dibutuhkan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini. Ini sudah pada tingkat mengkhawatirkan karena sudah 98 orang yang positif dan 12 orang meninggal dunia,” pungkasnya.

Waki Wali Kota Padang Hendri Septa pada kesempatan itu menegaskan, jika masyarakat masih tidak mentaati aturan PSBB, maka bisa saja PSBB diperpanjang. “Seperti di DKI Jakarta, diperpanjang sampai 31 Mei 2020. Kalau kita masih saja mengabaikan aturan PSBB, maka bisa saja diperpanjanh kayak DKI Jakarta,” ujarnya.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Padang, Zulhardi Zakaria Latif pada kesempatan tersebut mempertanyakan SOP penanganan pasien postitf Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah. Ia mencontohkan di Komplek Mega Mulia Kuranji, ada warga yang posotif Covid-19, tetapi masih saja berinteraksi dengan warga lainnya. Bahkan ada keluarganya yang datang membezuk.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani Hami mengatakan, isolasi mandiri diberlakukan kepada PPT/OTG, Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP). “Sebelum kita bicara isolasi mandiri, kita harus paham dulu istilah-istilah itu,” katanya.

Dikatakannya, setiap orang dirawat di rumah sakit, tidak bisa dikunjungi, termasuk oleh keluarga. “Besok kita usahakan dua anak yang terkonfirmasi positif di Komplek Mega Mulia itu untuk dirawat di RSU Rasidin,” jawab Feri Mulyani.

Dikatakan Feri, selama isolasi mandiri, orang tersebut harus menempati kamar yang terpisah. Di rumah dia harus tetap memakai masker. “Isolasi mandiri juga dapat dilakukan di balai karantina yang disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat,” ungkapnya.



Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

kebakaran melanda kawasan Banda Olo, Belakang Lintas Andalas, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa, 14 Juli 2020, sekira pukul 18.30 WIB.

Kebakaran Hebat di Kota Padang, Belasan Damkar Dikerahkan

Spiritsumbar.com, Padang – Kebakaran hebat melanda kawasan Banda Olo, Belakang Lintas, Kecamatan Padang Barat, Kota ...