Senin , 27 September 2021
Depan - Headline - DPD RI Rintis Rumah UMKM di Tiap Propinsi

DPD RI Rintis Rumah UMKM di Tiap Propinsi

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Jakarta – Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) harus diprioritaskan untuk memajukan ekonomi rakyat sebagai tulang punggung ekonomi nasional. Menyikapi itu Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) berencana mendirikan rumah UMKM di setiap provinsi.

Menurut Plt Kepala Pusat Kajian Daerah Setjen DPD RI Irdam Irdam, Sabtu (25/11/2017), program ini akan dipusatkan di masing-masing kantor DPD RI yang ada di provinsi.

“Sebagai unit kerja yang mengelola aspirasi daerah yang disampaikan masyarakat daerah kepada Anggota DPD, aspirasi mengenai UMKM ini banyak diterima,” ujarnya.

Setelah melalui kajian, ungkap Irdam, program ini mulai dikongkritkan dalam bentuk pemberian bantuan permodalan dan supervisi pemasaran produk bagi UMKM.

Sebagai contoh, katanya, Kantor DPD RI Provinsi Sumsel yang terletak di Jaka Baring Palembang akan dijadikan rumah UMKM. “Sekarang sudah ribuan UMKM yang berniat ikut program ini,” sebut putera Kamang Mudiak, Agam, itu.

Untuk suksesnya program ini, DPD RI akan mengusahakan kerjasama dengan pemerintah, BUMN dan pelaku usaha lainnya untuk mengalokasikan dana CSR guna mendukung pegiat UMKM.

“Insya Allah format pengembangan UMKM ini akan di kembangkan juga di Sumbar. Tentu Anggota DPD RI harus sonding dulu dengan Pemda dan pelaku UMKM Sumbar,” pungkasnya. (Rel)

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

PT. X Dareh Group dan Polres Dharmasraya Gelar Gerai Vaksinasi Presisi Polri

SPIRITSUMBAR.com, Dharmasraya – Dalam pelaksanaan program pemerintah tentang Vaksinasi, PT. X Dareh Group bekerjasama dengan ...