Selasa , 21 September 2021
Depan - Headline - Disdikbud Pessel Kembali Gelar Diklat Asesor PKG

Disdikbud Pessel Kembali Gelar Diklat Asesor PKG

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com – Kebutuhan jumlah Asesor Penilaian Kinerja Guru (PKG) dilingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pesisir Selatan masih belum mencukupi.

Untuk Memenuhinya Disdikbud kembali mengadakan Diklat Asesor PKG angkatan II. Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 7 sampai 10 April 2019 bertempat di Hotel Anordeo Painan.

Dalam laporan pejabat pelaksana kegiatan Edi Sumarten, jumlah peserta dalam angkatan II ini sebanyak 55 orang berasal dari unsur Kepala Sekolah Dasar.
Pelaksanaan Diklat Asesor PKG dilakukan atas kerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Barat (Sumbar).

Pada kegiatan kali ini LPMP Sumbar menurunkan teamnya yang terdiri dari Feri Fren dan Taufik dari unsur widyaiswara sebagai fasilitator kegiatan, sedangkan untuk tenaga administrasi Purkani .

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Suhendri, M.Pd. Dalam arahannya kepada semua peserta yang hadir beliau menyampaikan, agar dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan serius dan komitmen yang tinggi, sebab kegiatan ini sangat membantu tugas kepala sekolah.

Seterusnya ditegaskan, PKG dengan instrument yang sudah ada akan menjadi alat bagi kepala sekolah untuk mengevaluasi kinerja seorang guru. Dalam pelatihan ini sebagai output kegiatan nantinya akan lahir laporan kegiatan kinerja guru.

Laporan ini nantinya akan dijadikan sebagai bukti fisik untuk digunakan dalam pemberian nilai PKG bagi seorang kepala sekolah terhadap gurunya setiap tahun.

Kepala sekolah sebagai seorang Asesor sebelum melakukan penilaian terlebih harus mengerti dengan aturan dan instrument yang digunakan, agar penilaian yang dilakukan bisa objektif dan dapat dipertanggungjawabkan.

Tantangan tugas Kepala Sekolah dari hari ke hari akan semakin berat, karena tantangan dunia di era revolusi industry 4.0 semakin kompetitif. Hal ini perlu disikapi secara serius dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 15 Tahun 2018 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas.

Untuk itu dalam bertugas, marilah kita sempurnakan niat dan bekerja secara profesional agar generasi kita ke depan bisa hidup di zamannya nanti dan tidak menjadi tamu di daerah sendiri. (Feri Fren)

 

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Kejar Target, Vaksinasi Sasar SMAN 6 Sijunjung

SPIRITSUMBAR.com, Sijunjung – Polres Sijunjung dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung, launching Gerai Vaksin tingkat sekolah ...