Sabtu , 25 September 2021
Depan - Berita Pilihan - Dinas Koperasi dan UKM Pasbar Latih 50 Gerakan Koperasi  

Dinas Koperasi dan UKM Pasbar Latih 50 Gerakan Koperasi  

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Pasaman Barat – Sebanyak 50 orang gerakan koperasi Pasaman Barat mendapat  pelatihan peningkatan pengembangan usaha Koperasi sektor riil, KSP dan USP di Kawana Hotel Padang, 9 – 11 September 2021.

“Sebanyak 50 orang peserta gerakan koperasi di Pasbar diberikan pelatihan peningkatan pengembangan usaha Koperasi sektor riil, Koperasi Simpan Pinjam dan Unit Simpan Pinjam”, ujar Kabid Koperasi pada Dinas Koperasi dan UKM Pasbar Amiri.

Ia menyebut, kegiatan tersebut dibagi dalam dua angkatan masing – masing angkatan berjumlah 25 orang.

Sementara kegiatan tersebut terlaksana melalu sumber Dana Alokasi Khusus (DAK) Non – Fisik TA 2021 guna  peningkatan Koperasi dan UKM di Pasaman Barat, untuk peningkatan usaha lebih berkembang.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pasbar Pahrein.S.Sos, M,Si mengatakan, pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan ilmu bagi  utusan gerakan perkoperasian di Pasbar, perkoperasian terbukti sebagai wujud perekonomian kerakyatan dari anggota untuk anggota yang tidak terpengaruh oleh ekonomi global jika dikelola dengan prinsip – prinsip perkoperasian.

Sementara itu, Pj Sekretaris Daerah Hendra Putra, resmi membuka pelatihan tersebut ditandai dengan pemasangan kokarde peserta anggota pelatihan, Ia menyebutkan komplitnya persoalan perkoperasian di Pasbar yang menjadi perhatian serius dari dinas terkait secara bertahap bagaimana koperasi menjadi sehat dan aktif melaporkan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

Ia menambahkan perkoperasian di Pasbar memiliki koperasi dengan jumlah ratusan namun hanya sedikit yang sehat dan taat melaporkan RAT nya tiap tahun, faktor lainya seperti masalah dualisme kepengurusan, tidak melaporkan Rapat Anggota  Tahunan (RAT) , serta munculnya koperasi 46 pinjam empat bayar enam tampa dilengkapi kelengkapan administrasi sebuah koperasi.

Gerakan Koperasi diharapkan mampu mengangkat kesejahteraan anggota serta mampu meningkatkan perekonomian sekitar lingkungan koperasi.

Kegiatan pembukaan pelatihan tersebut dihadiri Kepala Kantor Cabang Pratama BPJS Tenaga Kerja Hedi Pebri, PLT Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi Armen. (BUYUNG)

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

PON XX Papua 2021, Kontingen Sumbar : Papua Sangat Kondusif

SPIRITSUMBAR.com, Papua – Kondisi empat kluster kota dan kabupaten pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX ...