Beranda - Berita Pilihan - Di Kinali, Jalan Beraspal Tanah dan Jembatan Ala Kadarnya
Kondisi jalan di Kinali yang masih berupa jalan tanah
Kondisi jalan di Kinali yang masih berupa jalan tanah

Di Kinali, Jalan Beraspal Tanah dan Jembatan Ala Kadarnya

Print Friendly, PDF & Email

Kinali,  SpiritSumbar.com –Akses jalan menuju  Durian Kandang, Jorong Sigunanti , Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) sepanjang 3 Km belum tersentuh aspal. Malahan akses jalan masih tanah yang siap memakan korban, terutama jika hari hujan.

Sapril, salah seorang warga Jorong Sigunanti mengatakan puluhan tahun warga Durian Kandang belum merasakan dampak pembangunan. Kondisi akses jalan menuju Kampung Durian Kandang, Jorong Sigunati, masih jalan tanah berlumpur, becek pada musim hujan.

“Akses jalan yang rusak belum tersentuh aspal diperkirakan mencapai panjang 3 KM. Jangankan kendraan roda empat, untuk roda dua mesti ekstrak hati – hati jika melewati jalan tersebut,” ujarnya.

Tidak hanya masalah jalan tanah yang dikeluhkan warga, akses satu unit jembatan yang diberi nama jembatan Sungai Batang Cubadak  yang menjadi jembatan  penghubung Kampung Durian Kandang dengan Pusat Kecamatan Kinali kondisi jembatan hanya seadanya tidak permanen.

Lantai dasar jembatan hanya menggunakan papan yang sudah lapuk dimakan usia, terlihat lantai jembatan  membahayakn keselamatan warga ditambah tidak ada pembatas jembatan. “Bagi warga mesti hati – hati,  jika melewati  jembatan ini. Jalan dan jembatan merupakan akses utama menuju kampung Durian Kandang. Tidak ada jalur alternatif lain menuju maupun keluar dari Kampung Durian Kandang jika ada jarak tempuh semakin jauh dan kondisi jalanya masih rusak parah.

“Kami berharap pembangunan jalan dan jembatan Kampung  Durian Kandang, Jorong Sigunanti Nagari Kinali, Kecamatan Kinali dapat dialokasikan pembangunan. Mengingat jalan tersebut dimanfaatkan warga membawa hasil pertanian dan perkebunan untuk dibawa keluar menuju pusat kecamatan kinali,” ujarnya.

Menurutnya, warga mengeluh kondisi jalan yang tak kunjung dibangun dan di aspal oleh pemerintah. Malahan,  sudah sering dilaporkan baik tingkat Nagari maupun Kabupaten. Namun belum kunjung di tanggapi.

Pewarta : BY. R – BY. RONI

Editor : Saribulih

Artikel Spirit Sumbar lainnya

loading…


Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Haul ke - 4, Husni Kamil Manik yang digelar GPII Sumbar

Husni Kamil Manik Terbilang Orang Beruntung

Sementara, Eka Vidya Putra mengisahkan perjalanan aktivis kemahasiswaan HKM. Dimulai dari momen jadi santri di ...