Depan - Berita Pilihan - Demi Atasi Bencana, Irfendi Rela Berkantor di Sungai Naniang

Demi Atasi Bencana, Irfendi Rela Berkantor di Sungai Naniang

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Bupati Irfendi Arbi menekankan pentingnya upaya pengendalian lingkungan dan bencana alam di Limapuluh Kota.

Sebagai daerah yang rawan bencana, upaya pengendalian lingkungan menjadi sangat urgen. Butuh langkah serius dan gerakan bersama, agar persoalan bencana dapat diantisipasi sebelum terjadi.

“Saya ingin, pesoalan lingkungan menjadi perhatian serius kita bersama. Jangan sampai lingkungan kita dirusak. Jangan sampai alam kita diganggu. Harus dijaga kelestariannya. Harus ada langkah dan upaya penanganan, kalau perlu dengan kebijakan. Saya minta SKPD terus berkoordinasi,” kata Irfendi, saat peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, di kantor bupati Sarilamak, Jumat (3/6/2016).

Pada HLH Sedunia atau World Environtment Day (WED) yang diperingati setiap tanggal 5 Juni, tahun ini Pemkab melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH), sengaja membuat gerakan menanam seribu pohon. Gerakan penghijauan itu terpusat di kawasan Kantor Bupati di Bukik Limau Sarilamak, untuk selanjutnya direalisasikan ke kecamatan dan nagari.

Terutama di lokasi-lokasi yang dianggap sangat rawan bencana alam. Selain Bupati, hadir dalam agenda itu, Wabup Ferizal Ridwan, Sekdakab Yendri Tomas, Dandim 0306 Letkol Inf Heri Sumitro, Danyon 131 Wira Braja, Danzipur Padang Mengatas Mayor Inf Damai, perwakilan Polres Limapuluh Kota serta jajaran SKPD.

Irfendi mengaku, menyambut HLH Sedunia dan Hari Kesaktian Pancasila, dirinya sudah menyiapkan kebijakan, seminggu berkantor di Sungai Naniang, Kecamatan Bukik Barisan. Disana, seluruh jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), BLH serta instansi terkait bakal standby membuat posko pengendalian lingkungan dan bencana.

“Nanti, para personil kita standby di sana (Sungainaniang), dibantu kepolisian, TNI dan masyarakat. Disana, kita akan memulai kegiatan gotong royong, penghijauan, serta pengkajian pengendalian lingkungan. Sekaligus, nanti kita luncurkan Gerakan Pembangunan Ekonomi Masyarakat (Gerbang Emas),” lanjut Irfendi.

WBA

Versi Cetak

Edisi 25 (13 Juni 19 Juni 2016)
Edisi 25 (13 Juni 19 Juni 2016)

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Padang Lakukan Penyekatan PPKM dari RT Hingga Kelurahan

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV harus diimbangi dengan pengawasan ...