Minggu , 19 September 2021
Depan - Berita Pilihan - Delegasi Tiga Negara Terkesan Dengan Sijunjung

Delegasi Tiga Negara Terkesan Dengan Sijunjung

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Sijunjung – Lembaga Internasional yang berpusat di Negara Kincir Angin bergerak di bidang Sanitasi mengunjungi Sijunjung bersama perwakilan negara Ghana dan Kenya

Kunjungan delegasi Belanda, Ghana, Kenya di Kab Sijunjung 23-24 Juli 2019 sebagai Ketua Delegasi Internasional Learning Event Sector WASH, SNV Madam Sharon Roose mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sijunjung Drs.H.Yuswir Arifin, MM. Dt .Indo Marajo.

Dia merasa tersanjung atas sambutan dan perhatian dari Pemkab Sijunjung. “Kunjungan kami, disambut secara adat -istiadat Minang, bahkan diundang jamuan makan malam secara adat Makan Bajamba” ujarnya dalam Bahasa Inggris.




Sharon Roose juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua Bappeda Sijunjung Benny Dwipa Yuswir atas terselenggaranya dan sukses kunjungan kami. Khusus Sekdakab. Sijunjung Zefnihan,AP.M. Sebagai fasilitator dan memandu kami sejauh mana keberhasilan Sanitasi di Kab. Sijunjung, lewat diskusi .mengambil tema” The Momentum of POKJA AMPL Kab. Sijunjung Towards ODF.

Artikel Lainnya

loading…


Termasuk diskusi dengan PKK Kab.Sendiri telah memberikan warna tersendiri sebagai pengalaman berharga khususnya bagi kawan-kawan dari South Africa,tentang kemajuan gender berperan aktif dalam menyetarakan kiprahnya tak beda dengan kaum-laki-laki.Bahkan para istri pejabat juga berperan akfif.

Belum lagi kunjungan ke Pokja AMPL di Nagari Silokek & Guguk suatu pembelajaran yang sangat berharga memberikan inspirasi, inovasi. Baik kawan -kawan SNV,IEA Carareker, New Energi , USCOND dari Ghana dan Kenya .

Dia juga berterima kasih pada Forum Kabupaten Sijunjung  Sehat (FKKS) sebagai pendamping, Mr Priyono dkk, Direktur PKBI Sumbar Ferdaus, Jamal, LP2M,YKWKS, Mitra Bentala.

Reineilde Eppingga SNV Kenya juga memberikan kesannya : Silokek “so good”, kami telah mendapatkan pengalaman berharga membangun kebangkitan program sanitasi seluruh stakeholder terlibat.

Juga peranan kaum ibu-ibu dalam PKK luar biasa dan ini sebagai pembelajaran dan pengalaman yng sangat berharga untuk di kembangkan di negara kami-ungkap Reinilde Eppinga dari Kenya.


Hal senada dikemukakan Raphael Muya IEA Kenya, luar biasa dalam munsukseskan program sanitasi yang didalamnya termasuk program BABS dan sukses ODF di akhir 2019 bisa tercapai 100% serta tindak lanjunya gerakan yang dilakukan, tutur Rhpael Muya kepada -spiritsumbar.com-.

Wisdom Quaiku dari USCOND Ghana mengemukakan kesan dan pesan kunjungan di Kab.Sijunjung terutama program air besih di Nagari Silokek langsung Wali Nagarinya turunbersama Pokja dan demo trasi pembuatan closet di Nagari Guguk dengan teknologi tepat guna ramah lingkungan , bahan bakunya mudah di dapatkan.Ini sangat menarik sekali, ujar Wisdom Quaku.

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Rektor UM Sumbar Dr. Riki Saputra sedang menjelaskan perihal konferensi internasional ICoNTISH kepada para jurnalis dan peserta konferensi pers

Pertama Kali Digelar PT sejak Pandemi Covid-19, UM Sumbar akan Gelar Konferensi Internasional ICoNTISH

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Melakukan penelitian dan menulis merupakan sebuah kewajiban bagi seorang akademisi. Selain itu, ...