Minggu , 19 September 2021
Depan - Berita Pilihan - CSR Pertamina Gerakkan Ekonomi Sungai Buluh
Petani Lebah Madu di Nagari Sungai Buluh
Petani Lebah Madu di Nagari Sungai Buluh

CSR Pertamina Gerakkan Ekonomi Sungai Buluh

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Sungai Buluh – Suatu kebangkitan ekonomi bagi petani Gaharu dan petani Lebah Madu di Nagari Sungai Buluh, Kecamatan Batang Anai.
Artikel Lainnya

loading…


Terutama, semenjak  kawasan itu dijadikan hutan nagari  yang dikelola melalui Lembaga Pengelola Hutan Nagari (LPHN) Sungai Buluh, Kecamatan Batang Anai, Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Kebangkitan semakin nyata, tatkala PT Pertamina (Persero) ikut berkontribusi melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Apalagi, hal ini bukan hal yang pertama, dalam hal pemberdayaan para petani oleh PT Pertamina. Malahan, kegiatan ini juga mendapat pendampingan dari Fakultas Pertanian Universitas Andalas (Unand).

Hasan Basri, salah seorang  tokoh masyarakat Sungai Buluh mengaku sangat terbantu dengan hadirnya PT Pertamina  dengan dana CSR nya.

Hasan Basri yang juga Anggota DPRD Padang Pariaman mengatakan, tiap tahun PT Pertamina telah menyerahkan  bantuannya  kepada Ketua Lembaga Pengelola Hutan Nagari (LPHN) Sungai Buluh, Datuk Rajo Batuah. “Petani Gaharu mendapat kucuran Rp90  juta dan petani Madu lebah Rp74 juta lebih,” ujar Hasan Basri, Kamis ( 9/11/2017).

“Kegiatan ini  berbentuk pemberdayaan masyarakat petani. Dimana Gaharu menjadi produk yang bernilai tinggi seperti produksi teh gaharu, kosmetik, kerajinan tangan, obat-obatan herbal, dan produk lainnnya dari bahan Gaharu yang bernilai ekonomi tinggi,” ujarnya.

Dia menambahkan, pihak PT Pertamina persero juga memberikan pelatihan pembudidayaan lebah  lengkap dengan sarana dan prasarana. Mulai dari bibit lebah, alat pengasap, kotak lebah, pengungkit sisiran dan lebah madu.

Juga, pollen trap, frame, atau bingkai yang dipergunakan  lebah untuk bersarang, kotak sarang, alat pimisah madu, dan ekstraktor yang dipergunakan saat panen madu.

 

Berikutnya>>> Adanya Program Suntik

Halaman   [ 1 ]   [ 2 ]   [ 3 ]

Editor : Saribulih

Baca juga:

loading…


Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Rektor UM Sumbar Dr. Riki Saputra sedang menjelaskan perihal konferensi internasional ICoNTISH kepada para jurnalis dan peserta konferensi pers

Pertama Kali Digelar PT sejak Pandemi Covid-19, UM Sumbar akan Gelar Konferensi Internasional ICoNTISH

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Melakukan penelitian dan menulis merupakan sebuah kewajiban bagi seorang akademisi. Selain itu, ...