Minggu , 26 September 2021
Depan - Covid19 - CSR Pertamina Gerakkan Ekonomi Sungai Buluh
Petani Lebah Madu di Nagari Sungai Buluh
Petani Lebah Madu di Nagari Sungai Buluh

CSR Pertamina Gerakkan Ekonomi Sungai Buluh

Print Friendly, PDF & Email

Bernilai Ratusan Juta

Beny Satria menyebutkan bahwa Gubal Gaharu sangat memiliki pangsa pasar dunia. Indonesia ujarnya, hanya bisa memenuhi 20 persen kebutuhan Gaharu tersebut.

“Gaharu memiliki banyak khasiat dan manfaat. Untuk minyak biang Gaharu saja bernilai Rp200 juta per kilogram. Sementara, Gubal Gaharu bernilai jual Rp60 juta sampai Rp150 juta perkilo untuk yang alami,” ujarnya.



Dia mengaku, untuk mencapai keaslian gubal Gaharu ini sangat susah. Penyebabnya, lantaran telah rusaknya ekosistem alam. Salah satu solusi, petani harus menanam pohon coklat untuk mengalihkan serangat hama. “Sehingga tingkat stress bagi pohon gaharu dapat menghasilkan Gubal yang lebih baik dengan mutu tinggi,” ujarnya.

Dia menekankan bahwa pasar dari Gaharu sangat mudah. “Untuk itu, para petani harus mampu menjalankan ilmu yang telah diikutinya bersama Fakultas Pertanian Unand,” ujarnya. (Fals)

Sebelumnya>>> CSR Pertamina Gerakkan Ekonomi Sungai Buluh

Halaman   [ 1 ]   [ 2 ]   [ 3 ]

Editor : Saribulih

Baca juga:

loading…


Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pasien Covid Bertambah 53 Orang, Petinggi ISI Dilepas Dengan Linangan Air Mata

Padang Panjang, Spiritsumbar.com— Kotanya kecil ( 23 KM2),  tapi pertambahan warga terkonfirmasi covid-19 di Kota ...