Beranda - Covid19 - Covid-19, Penyandang Disabilitas Makin Terpukul
Gatot Prawisojo menerima paket sembako di rumahnya Tanahpak Lambik. ( foto- DPC-PPDI)
Gatot Prawisojo menerima paket sembako di rumahnya Tanahpak Lambik. ( foto- DPC-PPDI)

Covid-19, Penyandang Disabilitas Makin Terpukul

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Padang Panjang – Dampak Covid-19 terhadap  sosial ekonomi   nyaris dirasakan  semua kalangan masyarakat. Para penyandang disabilitas apalagi, dari yang tadinya bisa bekerja sebagai tukang urut, misalnya, kini sepi.

Walau sebelumnya Pemko dan Baznas setempat telah menyalurkan bantuan sembako tahap 1, masih banyak  yang belum  tersentuh bantuan itu, termasuk ketua DPC Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI)   Padang Panjang yang biasanya  berprofesi sebagai tukang urut.


Artikel Lainnya

loading…


Menyikapi hal tersebut  DPC-PPDI setempat   berinisitif  membantu   kaum penyandang  disabilitas  yang luput dari bantuan tahap I  Baznas – Pemko  dengan sistem penggiliran. Pada bantuan PPDI peduli tahap  I telah dibagikan 20 paket kepada 20 penyandang cacat berat, Jumat, 17/4/2020) .

Satu paket seharga Rp150 ribu itu terdiri dari beras, teh, mie instan, gula,  telur, ikan asin, dan  minyak goreng. Anggarannya bersumber  dari uang kas PPDI, ujar  ketua DPC  PPDI Padang Panjang, Ramadan Raizo didampingi sekretaris,  Muhamad Ilham,  wakil ketua Alvin, dan  wakil sekretaris, Zikri.

Diantara penerima  bantuan paket tersebut  adalah warga Pasar Usang,  Nazrul (disabilitas netra). Biasanya pria ini melayani pijat urut di rumahnya, namun sejak ada wabah corona ini, tak ada lagi harapan dari jasa urut untuk penopang hidup.

Lainnya, Gatot Prawisojo, warga Kelurahan Tanah Pak Lambik, yang menderita disabilitas berat. Bantuan itu  sungguh berarti untuk kelansungan hidupnya. Berulang kali pria berusia 44 tahun itu mengucapkan terima kasih, sembari berharap bantuan ini berkelanjutan  dan  dapat diterima teman teman disabilitas lainya.

PPDI  sendiri sebagai organisasi yang menaungi  285 kaum disabilitas Kota Padang Panjang,  ingin membantu banyak dan lebih merata. Namun,  karena kas PPDI  yang terbatas kita baru bisa  menyasar 20 penyandang cacat berat, papar Ramadan.

Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi sebagai donatur dalam mendukung terlaksananya Program Disabilitas Peduli, dapat menyalurkan bantuannya ke Rekening BRI 0231.01.010237.53.7 atas nama DPC PPDI Padang Panjang atau langsung menghubungi Sdr. Ramadhan (Ketua DPC PPDI Kota Padang Panjang) yang beralamat di Jl. AR Sutan Mansur No. 562 RT 24 Kelurahan Balai-Balai, Depan SMA Sore atau di Klinik Pijit/Urut Ramadhan dan Nia.(Yetti Harni)



 

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Bupati Solok Hadiri Upacara Hari Bhayangkara ke 74

Spiritsumbar.com, Arosuka – Bupati Solok,Gusmal SE MM menghadiri sekaligus ikut upara Hari Bhayangkara ke 74 secar Virtual ...