Minggu , 29 November 2020
Beranda - Pendidikan - Artikel - Cara Jitu Hemat Paket Internet
internet
internet

Cara Jitu Hemat Paket Internet

Print Friendly, PDF & Email

Sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan kuota cepat habis, agar hal tersebut tidak terus menerus terjadi pada ponsel kita maka kita harus melakukan beberapa pengaturan ponsel dan kontrol penggunaan data.

Berikut, cara jitu hemat memanfaatkan kuota internet

1. Menonaktifkan Fitur Update Otomatis pada Aplikasi

Secara periode dan terjadwal semua aplikasi pada ponsel Anda pasti mengalami pembaharuan, pembaharuan dilakukan oleh pembuat atau pengembang aplikasi tersebut untuk meningkatkan layanan serta menambahkan fitur terbaru.

Aktivitas pembaharuan aplikasi ini biasanya akan menghabiskan cukup banyak paket data, jika fitur update otomatis di nonaktifkan maka paket data yang digunakan tidak akan tersedot sebanyak ketika kita mengupdate sebuah aplikasi.

Pembaharuan sebuah aplikasi bisa dilakukan setelah ponsel Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi, Anda dapat melakukan pengaturan tersebut pada ponsel Anda.



2. Aktifkan Mode Offline pada Aplikasi Layanan Streaming

Aplikasi layanan music streaming, podcast, video, dan film merupakan aplikasi yang sama besarnya menyedot paket data internet seperti Spotify, Joox, Netflix, Youtube, dll Anda harus memiliki cukup paket data jika menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut.

Agar paket data Anda hemat, aktifkan mode offline pada aplikasi-aplikasi tersebut. Anda masih dapat mendengarkan music dan melihat video dari aplikasi tersebut dengan cara mengunduh music dan video terlebih dahulu ketika ponsel tersambung dengan jaringan Wi-Fi.

Music dan video yang sudah diunduh dapat Anda putar pada saat aplikasi dalam keadaan mode offline.

3. Aktifkan Fitur Data Saver

Anda bisa menggunakan fitur data saver pada aplikasi untuk membantu menghemat penggunaan paket data. Dengan mengaktifkan fitur data saver biasanya yang akan muncul pada aplikasi adalah teksnya saja dan tidak disertai dengan foto atau gambar seperti pada aplikasi Twitter, Facebook, dan Google Chrome.

4. Menonaktifkan Fitur Download Otomatis pada Aplikasi Chat

Pastinya pada ponsel Anda terpasang salah satu aplikasi chat seperti WhatsApp, aplikasi tersebut sangat penting bagi kita karena sebagai media untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Tahukah kalian bahwa aplikasi ini memiliki fitur download otomatis file foto dan video, tentunya jika kalian aktifkan fitur tersebut foto dan video yang dikirim akan terdownload otomatis tanpa konfirmasi Anda. Ini akan memerlukan paket data yang lumayan untuk mengunduh satu file gambar.

Agar dapat menghemat paket data internet Anda dapat mengatur fitur tersebut, dengan menonaktifkan fitur tersebut atau gambar dan video akan terdownload otomatis jika ponsel terhubung dengan jaringan Wi-Fi.

<<< Sebelumnya : Tips Hemat Pakai Internet

Tip & Trik

loading…


 

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Wakil Ketua DPD RI Mahyudin dalam kegiatan FGD dengan tema "Implementasi Peran dan Tugas DPD RI Dalam Rangka Pemantauan dan Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah dan Peraturan Daerah" di Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah

Mahyudin: DPD RI Punya Peran Strategis Dalam Pembentukan Hukum Pusat dan Daerah

SPIRITSUMBAR.COM, Kalimantan Tengah – Wakil Ketua DPD RI Mahyudin mengatakan DPD RI memiliki peran yang ...