Kamis , 23 September 2021
Depan - Berita Pilihan - Buaya Putih Perlihatkan Diri, Masyarakat Makin Ketakutan
Masyarakat menyaksikan penangkapan buaya oleh BKSDA Sumbar di Batang Tarusan, Batuhampa
Masyarakat menyaksikan penangkapan buaya oleh BKSDA Sumbar di Batang Tarusan, Batuhampa

Buaya Putih Perlihatkan Diri, Masyarakat Makin Ketakutan

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Masyarakat Kenagarian Batuhampa  Selatan, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar)  kini kian semakin cemas. Adanya seekor buaya putih yang diperkirakan sepanjang 2,5 meter sudah sering muncul di permukaan Batang Tarusan.

Refi (28) salah seorang warga mengaku juga melihat buaya putih tersebut, Senin, 5/9/2016,  sekitar pukul 11.00 WIB tepatnya di Kampung Sako, Kenagarian  Batu Hampa Selatan. Awalnya ujar Refi dia merasa tidak percaya jika di sungai itu ada buaya. Namun, karena sering muncul baru ia yakin yang dilihatnya memang betul buaya.

Dia mengaku pertama kali melihat buaya putih tersebut saat sedang mencuci pakaian di pinggir sungai.  “Awak kiro apo lo nan maumbua umbua, ruponyo kapalo buayo (Saya kira, apa pula yang sering menyembul ke permukaan air, ternyata kepala buaya), “ jelas Refi kepada Spirit Sumbar.

Kemudian berita itu melebar luas dikalangan masyarakat. Akibatnya, masyarakat Kampung Sako yang ingin pergi ke ladang menjadi cemas dan takut akan keberadaan buaya ini.  “Sudah satu minggu masyarakat tidak ke ladang, Karena mencapai  ladang, mereka harus menyeberangi sungai Batang Tarusan,” ujarnya

Kepala seksi Konservasi, Badang Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar, Surajiya, mengatakan timnya sedang berupaya menangkap buaya dengan cara dibius. Setelah itu baru dikembalikan ke habitatnya.

Sementara, Wali Nagari Batuhampa Selatan, Ali Hasan membenarkan adanya buaya di Kampung Sako. “Memang benar ada buaya di sungai Kampung Sako” ungkapnya, disela sela melihat BKSDA Sumbar yang sedang melakukan penangkapan terhadap buaya tersebut, Senin, 5/9/2016. “Kita berharap buaya ini bisa cepat tertangkap sehingga tidak meresahkan warga lagi” lanjutnya.

Pihak BKSDA sumbar terus melakukan penangkapan. Sedangkan masyarakat terus berdatangan ditempat kejadian. Hingga tepi sungai kampung sako dipenuhi warga untuk menyaksikan buaya tersebut.

Sebelumnya: Masyarakat Geger, Ada Buaya Putih di Batang Tarusan

SARJONO EFINDO

 

Cover The Public Edisi 32 (Selalu Hadir Setiap Senin)
Cover The Public Edisi 32 (Selalu Hadir Setiap Senin)

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Bertekad Tetap Informatif, Pessel Gelar Bimtek Pemeringkatan untuk PPID Pembantu

SPIRITSUMBAR.com, Painan – Agenda besar tahunan yang dilakukan oleh PPID Utama Kabupaten Pesisir Selatan (Kab.Pessel) ...