Kamis , 23 September 2021
Depan - Berita Pilihan - Blank Spot , Satu Setengah Jam Perjalanan Demi Sinyal Seluler
ilustrasi (Solusigadget.net)
ilustrasi (Solusigadget.net)

Blank Spot , Satu Setengah Jam Perjalanan Demi Sinyal Seluler

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com – Meski sudah masuk era komunikasi digital, namun masih banyak masyarakat yang belum mendapat jangkauan sinyal ponsel alias area blank spot. Padahal, kemajuan suatu daerah akan dipengaruhi oleh komunikasi yang handal.

Menurut Camat Sutera, Fachruddin, SH kehadiran Base Transceiver Station  (BTS) sangat dinanti-nanti oleh masyarakat. Bahkan pada beberapa pertemuan masyarakat kerap mengeluhkan hal itu.

Menurutnya terdapat dua nagari (desa adat) di kecamatan itu yang jumlah penduduknya mencapai kurang lebih 6.000 jiwa menantikan kehadiran BTS.

“Nagari itu ialah Gantiang Mudiak Selatan dan Gantiang Mudiak Utara. Untuk bisa berkomunikasi menggunakan telepon seluler masyarakat harus menempuh perjalanan setengah jam menggunakan kendaraan roda dua menuju nagari lain yang memiliki BTS.  Kondisi itu cukup riskan di tengah gencarnya perkembangan teknologi informasi sekarang ini,” katanya beberapa waktu lalu.

Sementara itu ketika pihak telkomsel melihat ke lokasi tempat yang akan di rencanakan dibangunnya BTS mengatakan di daerah Gantiang Mudiak Selatan sendiri masih dibutuhkan beberapa infrastruktur penunjang. Seperti jalan dan akses listrik untuk tempat BTS tersebut akan di bangun.

Disamping itu juga, dia menambahkan adanya bebeapa bukit yang menghalangi tempat BTS tersebut di bangun, juga menjadi salah satu persoalan tersendiri untuk didirikannya BTS tersebut.

Sementara, Wali Nagari Gantiang Mudiak Selatan,  Syawal meyakinkan kepada pihak telkomsel bahwa segala sarana penunjang untuk di bangunnya BTS siap di fasilitasi oleh nagari. Termasuk dalam penyediaaan lahan.

Dia menambahkan yang terpenting saat ini adalah hadirnya fasilitas BTS tersebut di daerahnya menjadi sesuatu yang berarti bagi masyarakat. Dia mengharapkan kerjasama yang baik antara pemerintah dan pihak telkomsel agar BTS tersebut bisa benar-benar dapat direalisasikan

Dinas Kominfo Kabupaten Pesisir Selatan  Junaidi menjelaskan usulan untuk dibangunnya BTS sudah diusulkan beberapa tahun yang lalu. Kendala teknis ujarnya, selalu menjadi pesoalan yang menghambat di bangunnya BTS di daerah tersebut. Dia bersama seluruh pihak akan terus mengusahakan dengan keras agar BTS ini benar-benar hadir di nagari tersebut.

Selanjutnya : Ini Kawasan Blank Spot di Pesisir Selatan

Halaman

[  1  ]    [  2  ]

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Bupati Pessel : Keterbukaan Informasi Tak Bisa Ditawar

SPIRITSUMBAR.com, Painan – Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, membuka acara bimbingan teknis (Bimtek) pemeringkatan ...