Minggu , 26 September 2021
Depan - Berita Pilihan - Bidan Nagari Harus Berperan Aktif
Erizon
Erizon

Bidan Nagari Harus Berperan Aktif

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.COM, Pesisir Selatan – Dinas Kesehatan beserta jajaran diminta melakukan pelayanan dan sosialisasi kesehatan lebih maksimal serta menyentuh seluruh masyarakat hingga ke kampung-kampung. Harapan itu disampaikan Sekretaris Daerah Pesisir Selatan, Erizon, di Painan, Senin (4/1/2021).

Selanjutnya, sekda meminta bidan yang bertugas di Pusat kesehatan nagari (Puskesri) harus berperan aktif dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya masing-masing.

Lebih lanjut dikatakan, setiap Puskesmas juga dituntut untuk memiliki pelayanan unggulan yang berakses langsung ke masyarakat seperti pelayanan kesehatan terhadap beberapa penyakit yang rawan terjadi pada masing-masing daerah kerja Puskesmas tersebut.

“Sekarang, setiap kecamatan telah memiliki Puskesmas baik Puskesmas Rawat Jalan maupun Puskesmas Rawat Inap. Sementara Pusat Kesehatan Pembantu (Pustu) juga tersebar di kecamatan yang ada,” sebutnya.



Di sisi lain kata sekda, kualitas sumberdaya tenaga medis juga mesti ditingkatkan melalui pendidikan dan pelatihan. Itu amat penting sehingga pelayanan kesehatan pada masyarakat semakin optimal, ujarnya.

Selanjutnya, Dinas Kesehatan Pesisir Selatan tetap konsentrasi membenahi dan memperkuat fungsi Puskesmas yang ada di setiap kecamatan. Langkah-langkah yang dilakukan adalah meningkatkan disiplin aparatur, pelayanan medis, penyuluhan kesehatan masyarakat, pembenahan dan kebersihan lingkungan Puskesmas dan lainnya.

“Oleh karenanya, fungsi Puskesmas harus diperkuat baik dari sisi aparatur maupun pelayanan medis. Namun tentu harus didukung dengan anggaran yang memadai, sehingga fungsi tadi dapat berjalan sebagaimana mestinya,” ujarnya (*)

Tip & Trik

loading…


 

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Novrianto

Ughang Piaman di Padang Cari Pemimpin

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Ughang Piaman di Kota Padang sambuah alah banyak e. Nah untuk menguatkan ...