Jumat , 17 September 2021
Depan - Berita Pilihan - Bertambah Dua; Positif Covid di Padang Panjang Jadi 29 Orang
Kadis DKK, Nuryanuwar dan Kadis Kominfo, dan Ampera bahas perkembangan covid-19

Bertambah Dua; Positif Covid di Padang Panjang Jadi 29 Orang

Print Friendly, PDF & Email

Padang Panjang, Spiritsumbar.com,-  Jumat, 26/6/20  warga positif covid-19 di  Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, bertambah 2 orang lagi. Dengan begitu total korban covid-19 sudah 29 orang di  Padang Panjang, kota yang baru saja diumumkan sebagai zona hijau bersama 37 daerah lainya di Indonesia.

Penambahan dua orang terakhir ini, RN dan RS, merupakan hasil tracking/tracing dari  dr.Mawardi dan istrinya yang terkonfirmasi positif pada Selasa, 23/6/20. Keduanya adalah asisten dokter di Klinik Mawardi, kawasan Kampung Jambak, papar Kadis DKK, Nuryanuar didampingi Kadis Kominfo, Ampera Salim, siang ini.

Hingga kini tim PPVC dan surveilance masih menelusuri  pengembangan warga yang kontak dengan pasien positif covid. Diantara 29 yang positif covid-19 tadi, sebanyak  25 orang, termasuk 14 orang tenaga medis sudah dinyatakan sembuh sebelum Padang Panjang memasuki tatanan hidup normal baru (new normal) tanggal  8/6/20,  sedangkan 4 lainnya masih dalam perawatan/isolasi di rumah sakit.



Mengingatkan kembali, virus corona yang pertama kali ditemukan di  Kota Wuhan, Tiongkok, Desember 2019 ini  mulai menghinggapi warga kota ini pada 1 April  2020 setelah bertransmisi  dari pengunjung RSUD yang pulang dari daerah pandemik Jakarta. Setelah dilakukan tracking, jumlah positif terus berkembang hingga 25 orang hingga masa PSBB.

Terpaparnya dr.Mawardi dan istri diperkirakan dari kluster yang baru, artinya bukan dari kasus terdahulu. Selain menelisik sumber penularan virus tersebut yang awalnya diduga menular dari acara sunatan massal yang digelar BasNas secara gratis.



Tapi, Mawardi dan Ketua  BazNas Padang Panjang,  AR. Dt.Panjang sendiri menepisnya, karena dokter, panitia dan peserta khitan telah menerapkan protokol kesehatan covid-19 dengan memakai masker, cuci tangan dengan sabun, menjaga jarak aman dan lainnya. Bahkan petugas kesehatan  memakai APD lengkap dengan sarung tangan, baju hazmad  dan masker.

Berdasarkan laporan Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso, Jumat, 27/6/20, ada 1.622 sampel swab yang dikirim surveilance berbagai rumah sakit di Sumbar. Sampai pukul 05.00 WIB terkonfirmasi sampel  positif sebanyak 3 orang, yang terdiri dari Kota Padang Panjang 2 orang dan Kota Padang 1 orang,” kata Jasman, Jumat (26/6). (yetti harni)

Tip & Trik

loading…


<<< Sebelumnya

Selanjutnya>>>



Profil Yetti Harni

mm

Baca Juga

Supardi bersama 4 Remaja Parlemen asal Sumbar

Supardi Beri Dukungan, 4 Siswa Sumbar Ikut Parlemen Remaja

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Supardi dukung ...