Senin , 21 September 2020
Beranda - Headline - Berkumur Dengan Garam Dapur, Ternyata Punya Khasiat Luar Biasa
Berkumur dengan air garam
Berkumur dengan air garam

Berkumur Dengan Garam Dapur, Ternyata Punya Khasiat Luar Biasa

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Padang – Banyak hal yang istimewa pada garam. Sudahlah tak pernah berulat harganya pun murah. Malahan, banyak juga yang menggunakan garam untuk membunuh ulat dan mengusir binatang berbisa.

Jadi, garam bukan hanya sekedar penyedap rasa yang selalu hadir di setiap masakan. Selain untuk memasak nyatanya garam bisa kalian manfaatkan untuk menghilangkan masalah kesehatan salah satunya sakit tenggorokan.

Meski kerap dianggap sebagai pengobatan tradisional, rupanya mengatasi radang tenggorokan dengan berkumur air garam terbukti manjur dan telah melalui kajian ilmiah.



Ada beberapa manfaat dari berkumur dengan air garam yang wajib dicoba. Berkumur air garam rupanya dapat membantu meredakan radang tenggorokan, radang, selesma, hingga infeksi sinus.

Berkumur dengan air garam akan menciptakan efek osmosis. Ini karena garam menyerap cairan dari tenggorokan. Proses ini berfungsi untuk mencairkan lendir dan menghilangkan iritasi seperti alergen, bakteri dan jamur. Hasilnya, tenggorokan jadi lebih terasa bersih dan ringan.

Kalian juga bisa mengurangi rasa sakit akibat pendarahan gusi dengan berkumur air garam secara teratur. Berkumur dengan air garam dapat menetralkan asam di mulut dan menjaga keseimbangan pH-nya. Ini akan membantu dalam mencegah radang gusi.

Tak hanya itu, berkumur air garam dapat melindungi mulut dan tenggorokan dari penyebaran infeksi jamur. Berkumur dengan air garam juga bisa menghilangkan patogen berbahaya dari gusi dan sekaligus mencegah pertumbuhannya.

Untuk mengatasi sakit tenggorokan atau radang tenggorokan dengan berkumur air garam caranya sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

Tambahkan setengah sendok teh garam dapur ke dalam segelas air hangat lalu  aduk hingga rata.Kumur-kumur dengan larutan tersebut selama 30 detik.Setelah itu ludahkan. Ulangi proses yang sama sebanyak 5-7 kali.Bagi kalian yang sedang radang atau sakit tenggorokan, berkumurlah dengan air garam setidaknya 2 kali sehari.

 

Simak Video : Ada Apa Dengan Corona

 



 

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Siburman Rajo Hitam Dinobatkan Menjadi Raja Adat Air Haji

Spiritsumbar.com, setelah lama balipek (berlipat), akhirnya Air Haji, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, ...