Kamis , 23 September 2021
Depan - Berita Pilihan - Baznas Agam Salurkan Zakat Rp1 Miliar untuk Mahasiswa

Baznas Agam Salurkan Zakat Rp1 Miliar untuk Mahasiswa

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR. com, Agam – Dalam rangka membantu masyarakat di awal tahun, Baznas Kabupaten Agam menyalurkan zakat program Agam Cerdas sebanyak Rp1.082.000.000.

Ada 1.074 orang mahasiswa Kabupaten Agam yang di bantu di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Penyaluran zakat ini telah dilakukan sejak kemarin di dua lokasi yaitu di kantor utama Baznas Agam di Lubuk Basung dan di kantor pelayanan Belakang Balok Bukittinggi.



Ketua Baznas Agam, Eldi Zein kepada wartawan Rabu (3/3/2021) di ruang kerjanya menjelaskan bahwa penyaluran zakat berbeda dari tahun lalu. Sebelum Covid-19 masa pandemi, yang disalurkan terpusat di satu tempat. Namun sekarang penyalurannya dilakukan per kecamatan sesuai jadwal yang ditentukan bersama.

Lebih lanjut dia memaparkan bahwa di awal tahun 2021 zakat disalurkan di Kecamatan Lubuk Basung sebesar Rp127 juta, sebanyak 127 orang mustahik, Tanjung Mutiara Rp39 juta untuk 39 orang mustahik dan Ampek Nagari Rp31 juta untuk 31 orang mustahik.

Seterusnya, Palembayan Rp45 juta untuk 45 orang mustahik, Tanjung Raya Rp43 juta untuk 43 orang mustahik, Matur Rp37 juta untuk 37 orang mustahik, Banuhampu Rp110 juta, 110 orang mustahik dan Baso Rp80 juta untuk sebanyak 80 orang mustahik ujarnya.

Dia tambahkan bahwa Kecamatan Canduang Rp96 juta untuk 92 mustahik, Ampek Angkek Rp116 juta untuk 116 mustahik, IV Koto Rp72 juta untuk 72 orang mustahik, Kamang Magek Rp52 juta untuk 52 mustahik, Malalak Rp25 juta untuk 25 mustahik, Palupuah Rp31 juta untuk 31 mustahik, Sungai Pua Rp88 juta untuk 88 mustahik dan Tilatang Kamang Rp90 juta untuk 90 orang mustahik.

Menurutnya, dari jumlah zakat yang disalurkan itu, terdapat dua kategori yaitu insidentil sebesar Rp750 juta untuk 750 mustahik, kemudian kategori UMPTN/S Rp10 juta untuk 2 mustahik.

Eldi Zein menambahkan dan berpesan bahwa agar zakat yang diterima tidak digunakan untuk keperluan lain, kecuali dalam menunjang pendidikan. Diharapkannya zakat ini mampu meringankan beban orang tua mahasiswa dalam membiayai kuliah anaknya.

Semoga zakat yang diterima menjadi berkah baik bagi pemberi maupun penerima, untuk itu mari sama sama bersyukur sehingga dapat membantu meringankan beban ortu dan kebutuhan adik adik katanya.

Pada mahasiswa kita berharap bahwa agar dapat merangkul masyarakat baik perantau maupun di kampung halaman untuk membayarkan zakatnya melalui Baznas Agam, karena dengan semakin tingginya orang yang membayar zakat melalui Baznas Agam ,tentu dengan zakat tersebut maka akan semakin banyak pula mustahik yang akan terbantu. Maka itu, mari kita berzakat ke Basnas Agam, mudah mudahan semakin banyak masyarakat kita yang terbantu ungkapnya lagi.(Irman Na’im)

Tip & Trik

loading…


 

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Bertekad Tetap Informatif, Pessel Gelar Bimtek Pemeringkatan untuk PPID Pembantu

SPIRITSUMBAR.com, Painan – Agenda besar tahunan yang dilakukan oleh PPID Utama Kabupaten Pesisir Selatan (Kab.Pessel) ...