Kamis , 23 September 2021
Depan - Info Terkini - Baru 4 OPD yang Laporkan Progres Kegiatan Inovasi.
Januardi, Kabid Litbang Bappeda Kota Padang Panjang
Januardi, Kabid Litbang Bappeda Kota Padang Panjang

Baru 4 OPD yang Laporkan Progres Kegiatan Inovasi.

Print Friendly, PDF & Email

Padang Panjang, Spiritsumbar.com — Dari 24 unit kerja di Pemko Padang Panjang yang melaunching 155 program inovasi terkait pelayanan public pada 1 Desember 2020 lalu, baru 4 unit kerja yang sudah ada laporan progres kegiatannya. Dari laporan itu terlihat bentuk aplikasi kegiatan diwarnai efisiensi waktu, biaya dan tenaga.

Empat unit kerja atau organisasi perangkat daerah (OPD) yang sudah ada laporan progres kegiatannya itu sesuai keterangan Kepala Bappeda Kota Padang Panjang melalui Kabid Litbang, Januardi, pekan ini, terdiri RSUD sebanyak 9 program, Dinas Dukcapil (6 program), Satpol PP (5 program) dan PM-PTSP (3 program).

Laporan yang masuk terkait progres kegiatan program inovasi pelayanan publik pada 4 unit kerja itu terlihat banyak yang menarik. Sebab, dalam pelaksanaan pelayanan publik itu tidak saja urusan jadi bertambah lancar. Tapi juga terjadi efisiensi (penghematan) biaya, waktu dan tenaga.

Contoh, di RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Padang Panjang, yang tampil dengan program inovasi bernama; Satu Jam Saja dengan 8 program ikutannya. Pada program ini pemberian layanan kesehatan kepada warga (customer) yang datang berobat di RSUD Padang Panjang diupayakan terwujud dalam tempo 1 jam.

Untuk itu, kata Januardi didampingi salah seorang staf, Syapta Wiguna (Kasubid Tehnologi & Inovasi), sistem yang disiapkan antara lain, kemudahan mengecek kehadiran dokter yang hendak dihubungi di RSUD lewat online, dan kemudahan membeli karcis berobat lewat online sebelum pergi ke RSUD Padang Panjang.

Dengan mengetahui ada dokter yang akan dituju di RSUD, dan karcis berobat sudah dibeli lewat online, pasien tiba di RSUD tidak perlu lagi antrian beli karcis berobat. Tapi bisa langsung ke ruang poli (praktek) dokter yang diinginkan untuk konsultasi dan memperoleh layanan medis. Paling menunggu, jika ada pasien lain lebih dulu tiba.

RSUD Padang Panjang dengan  inovasi 1 jam saja
RSUD Padang Panjang dengan inovasi 1 jam saja

Pada Dinas PM-PTSP (Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu) Kota Padang Panjang tampil 3 program inovasi. Rinciannya, pelayanan perizinan sistim online (tanpa tatap muka langsung), tandatangan digital, dan data terkait ketenaga kerjaan (Naker) di Kota Padang Panjang.

Sedang di Dinas Satpol-PP (Satuan Polisi Pamong Praja) dari 5 program inovasi, salah satunya adalah menempatkan anggota Satpol PP di lokasi-lokasi tertentu yang dianggap rawan dari gangguan ketertiban umum. Pada Dinas Dukcapil dari 6 program, salah satu adalah layanan proses pemecahan/ pemisahan kartu keluarga yang telah bercerai.

Untuk diketahui, tadinya terkait upaya peningkatan kualitas layanan public di Pemko Padang Panjang, Pemko setempat bekerja sama dengan LAN-RI mengadakan pelatihan penyiapan program inovasi layanan public. Hasilnya, lahir 200-san draf program inovasi dari 24 unit kerja yang ada. Hasil evaluasi, lolos 155 program.

Selanjutnya, 155 program inovasi itulah yang dilaunching oleh Walikota Padang Panjang, Fadly Amran bersama utusan LAN-RI dalam acara khusus di obyek wisata Mifan kota itu, 1 Desember 2020. Sesuai kerjasama tadi, 155 program ini akan dimonitoring/dievaluasi oleh tim Pemko bersama LAN-RI.

Berdasarkan tahapan program, idealnya laporan progres kegiatan program inovasi itu sudah masuk dari OPD-OPD di Februari-Maret 2021 ini ke Bappeda Kota Padang Panjang sebagai koordinator kegiatan. Sebab, surat dari Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang terkait itu sudah disampaikan Februari 2021 lalu.

Tapi realisasi sementara ini baru dari 4 OPD tadi. Kita berharap, laporan dari 20 OPD lain akan segera menyusul. Terkait itu, tim monitoring yang diketuai oleh Kepala Bappeda Kota Padang Panjang, Rusdianto, dan Sekretaris (Kabid Litbang, Januardi)  akan turun ke lapangan di Maret ini untuk mengecek kendala dan permasalahan.(Jym/yet).—

Profil Yetti Harni

mm

Baca Juga

Bertekad Tetap Informatif, Pessel Gelar Bimtek Pemeringkatan untuk PPID Pembantu

SPIRITSUMBAR.com, Painan – Agenda besar tahunan yang dilakukan oleh PPID Utama Kabupaten Pesisir Selatan (Kab.Pessel) ...