Depan - Berita Pilihan - Banjir Melanda, Prajurit Lantamal II Bantu Warga Terdampak
Prajurit TNI AL Lantamal II bantu korban terdampak banjir
Prajurit TNI AL Lantamal II bantu korban terdampak banjir

Banjir Melanda, Prajurit Lantamal II Bantu Warga Terdampak

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Tingginya curah hujan sepanjang malam, selamat telah mengakibatkan banjir pada beberapa tempat di Kota Padang.

Bahkan beberapa kawasan terendam banjir, sejak Rabu (18/8/2021) malam sampai dengan Kamis (19/8/2021) dini hari.

Kawasan yang terendam banjir diantaranya RSUD dr. Rasidin, Perumahan Griya Anak Air Permai, Kelurahan Batipuh Panjang, Kecamatan Koto Tangah Padang dan beberapa titik lainnya.

TNI AL melalui Lantamal II dengan Satuan Tugas (Satgas) Siaga Bencana yang diperkuat Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) II dan Dinas Kesehatan segera diterjunkan.

Sesuai arahan Komandan Lantamal II, Laksamana Pertama TNI Hargianto, S.E., M.M., M.Si (Han), tim dibagi di dua tempat tersebut. Jumlah Prajurit yang diterjunkan berjumlah 38 personil didukung material berupa 3 perahu karet, mobil ambulans dan truk angkutan.

Di Griya Anak Air Permai, ketinggian air pada pukul 20.30 mencapai 1 meter dan berangsur surut pada dini hari. Warga terdampak banjir di perumahan ini mencapai 166 kepala keluarga.

Selain hujan deras banjir juga diperparah dengan meluapnya air di bendungan Pulo Bada. Tidak ada korban jiwa dalam banjir ini. Namun perabotan rumah banyak terendam banjir serta beberapa kendaraan terseret banjir.

Di RSUD dr. Rasidin, Kuranji, ketinggian air sempat mencapai 30 cm pukul 21.00 WIB di beberapa gedung dengan lumpur yang pekat. Prajurit membantu membersihkan gedung yang terdampak banjir hingga sore hari.

Hadir meninjau lokasi terdampak banjir Wadan Lantamal II, Kolonel Marinir Freddy J.H. Pardosi, S.E., S.H., M.M., Asops Danlantamal II, Kolonel Laut (P) Ronald M.D. Rarun, serta Danyonmarhanlan II, Letkol Marinir Bonifacius Andiwisata, S.H., M.Tr Opsla.

Dalam penyampaiannya ke warga, Wadan Lantamal mengatakan Lantamal II Padang siap sedia membantu masyarakat yang terkena musibah bencana dengan Satgas Siaga Bencana yang siap 24 jam.

“Bahkan jika diperlukan, Lantamal II dapat menurunkan dapur lapangan,” ujar Wadan Lantamal II. (Rel Dispen Lantamal II)

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Bertekad Tetap Informatif, Pessel Gelar Bimtek Pemeringkatan untuk PPID Pembantu

SPIRITSUMBAR.com, Painan – Agenda besar tahunan yang dilakukan oleh PPID Utama Kabupaten Pesisir Selatan (Kab.Pessel) ...